Curug Parigi, Destinasi Wisata di Perbatasan Bekasi-Bogor

Editor: Makmun Hidayat

560

BEKASI — Curug Parigi, sempat menjadi salah satu destinasi wisata warga Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor. Bahkan lokasi itu sempat dikenal sebagai Niagara-nya Kota Bekasi, dengan pesona keindahan air terjunnya.

Tak heran selalu dikunjungi diakhir pekan. Tetapi sekarang Curug Parigi terlupakan, kondisinya memprihatinkan tidak terurus.

Curug Parigi adalah air terjun yang berada di Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri, lokasinya tepat diperbatasan antara Kota Bekasi dengan Kabupaten Bogor. Tetapi saat ini akses ke lokasi itu, fasilitasnya tidak memadai, hanya menggunakan jalan setapak di belakang Villa Nusa Indah V.

Akses ke Curug Parigi melalui permukiman warga – Foto: M. Amin

Dahulu jika cuaca cerah tempat ini selalu dikunjungi warga Kota Bekasi karena nyaman debit air normal mengingat aliran air terjun tersebut merupakan aliran Kali Bekasi yang mengalir dari Bogor hingga Bekasi. Jika hujan, maka debit air akan lebih besar.

Bila ingin berkunjung, lebih baik saat musim kemarau, penasaran dengan Curug Parigi?

“Sekarang kondisi Curug Parigi sudah tidak terurus. Aksesnya ke lokasi sebelumnya ada dua jalur, sekarang sudah ditutup satu oleh masyarakat, satu lagi ditutup oleh pengusaha. Akhirnya yang mau ke Curug Parigi harus menggunakan jalan setapak berjalan kaki,” papar Puarman dari kelompok Peduli Sungai, Minggu  (16/9/2018).

Ketua Srikandi Sayang Sungai (S3), Septiana, juga mengakui dulu Curug Parigi, selalu ramai dikunjungi oleh warga Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor. Karena lokasi dan tempatnya cukup rindang dengan berbagai pohon.

Akses jalan menuju lokasi Curug Parigi – Foto: M. Amin

“Curug Parigi, tempatnya bagus, dulu selalu dimanfaatkan warga sebagai tempat wisata alam. Selain air terjun lokasi itu dikelilingi pohon rindang, tempat yang memadai untuk santai diakhir pekan,” ungkap Septi.

Menurutnya, dihari Minggu banyak kunjungan dari pencinta alam, olahraga sepeda dan lainnya. Dia juga menyayangkan tidak ada perhatian untuk mengembangkan Curug Parigi.

Selain akses sudah banyak ditutup, saat ini Curug Parigi terdampak limbah. Airnya mengeluarkan bau menyengat karena limbah yang dibuang dihulu sungai, bahkan beberapa kali komplain dilakukan warga sekitar, tetapi tidak merubah kondisi air.

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.