Dinkes Bangka Gencarkan Sosialisasi Perilaku Hidup Sehat

1.469
Ilustrasi -Dok: CDN
SUNGAILIAT – Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, gencar mennyosialisasikan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK), guna meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagi masyarakat di daerah itu.
“Kita terus berikan edukasi ke masyarakat dengan turun ke lapangan, memberikan materi terkait pentingnya menerapkan PHBS,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Then Suyanti, di Sungailiat, Rabu (5/9/2018).
Dia mengatakan, terkait dengan PHBS ini pihaknya menggunakan metode PISPK, sehingga masyarakat benar-benar dapat mengerti pentingnya menjaga lingkungan supaya bersih dan sehat.
Menurut dia, selain menggunakan program PISPK juga memberikan materi serta melakukan lokakarya lintas sektor setiap tiga bulannya, terkait hal tersebut.
“Tentu, langkah yang kita ambil selain dengan menggunakan PISPK ini adalah dengan memberikan edukasi. Tentunya tentang apa saja dampak positif dari penerapan PHBS dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.
Diimbau, agar masyarakat dapat memperhatikan hal-hal kecil yang berhubungan dengan kesehatan lingkungan, yang akan berdampak kepada kesehatan fisik serta mental seseorang.
Menurut dia, hambatan dalam penerapan PHBS hanya perlu membiasakan diri dengan mengganti kebiasaan kurang baik menjadi kebiasaan baik.
“Kalau untuk hambatan, ya pasti ada. Tetapi, untuk penerapan PHBS ini perlu didasari dengan kesadaran diri, serta kita harus mampu mengganti kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang baik, dan itu menjadi tugas kita bersama,” katanya. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...