Dinkes Bangka Selatan Optimalkan Pelayanan Kesehatan Bergerak Pulau Kecil

304
Ilustrasi - Dok CDN

TOBOALI – Dinas Kesehatan Kabapaten Bangka Selatan, Provinsi Kepualaun Bangka Belitung mengoptimalkan pelayanan kesehatan bergerak (PKB) di daerah dan pulau terpencil guna meningkatkan kualitas kesehatan warga setempat.

“Saat ini kegiatan ini digelar di Pulau Pongok dan Celagen, sehingga warga mudah mendapatkan pelayanan kesehatan,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Pendudukan, dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan, Khaidar di Toboali, Sabtu.

Dalam melaksanakan pelayanan kesehatan bergerak, pihaknya melibatkan tenaga kesehatan dari segala bidang, di antaranya dokter bedah, dokter umum, perawat, apoteker, dan sanitarian.

“Hampir semua tenaga fungsional kesehatan kami libatkan, agar proses pengobatan terhadap masyarakat bisa ditangani dengan baik sesuai prosedur,” ujarnya.

Ia mengatakan, dari 132 pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan di Pulau Pongok dan Celagen penyakit yang paling dominan ditemukan yakni hipertensi.

“Paling banyak ditemukan penyakit hipertensi sebanyak 40 kasus, tiga pasien terduga TB paru, dan 10 pasien dilakukan tindakan bedah minor untuk kasus tumor jinak,” katanya.

Menurut dia, hasil pelayanan kesehatan bergerak itu dapat menjadi bahan evaluasi ke depan, untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Sejauh ini pelayanan kesehatan di wilayah kepulauan sudah berjalan dengan baik, namun dengan terlaksananya kegiatan PKB ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk lebih memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat, terutama warga daerah terpencil ataupun kepulauan,” katanya. (Ant)

Lihat juga...