hut

Dinkes Mimika Programkan POPM Cegah Kaki Gajah

Ilustrasi -Dok: CDN
TIMIKA – Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, memprogramkan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) penyakit filariasis atau kaki gajah kepada seluruh masyarakat.
Kepala Seksi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Dinkes Papua, Yamamoto Sasarari, mengatakan penyebaran mikrofilaria di Mimika sudah lebih dari satu persen, sehingga masuk kategori sebagai daerah endemis filariasis.
Pada 2017, katanya, ditemukan tiga warga Mimika positif tertular penyakit filariasis. Penentuan suatu daerah masuk kategori endemis filariasis ditetapkan oleh badan kesehatan dunia atau WHO.
“Kalau ada temuan satu kasus filariasis saja, maka konsekuensinya semua penduduk di satu kabupaten itu harus minum obat,” kata Yamamoto, Kamis (13/9/2018).
Sehubungan dengan merebaknya penyakit filariasis di Papua, Dinkes Papua telah mendistribusikan obat ke daerah-daerah, terutama daerah yang masuk kategori endemis untuk melakukan program minum obat secara massal, guna menghindari dari penularan penyakit filariasis.
Sesuai penelitian yang dilakukan Kementerian Kesehatan, Provinsi Papua menduduki peringkat tertinggi angka mikrofilaria.
Di Mimika, pencanangan POPM penyakit filariasis dilaksanakan pada Rabu (12/9), di Distrik Iwaka.
Yamamoto menjelaskan, bahwa filariasis disebabkan oleh cacing mikro yang ditularkan ke orang lain melalui gigitan nyamuk.
Dari 29 kabupaten/kota di Papua, terdapat lima kabupaten yang telah berhasil mengeliminasi filariasis, yaitu Merauke, Mappi, Boven Digul, Supiori dan Mimika.
Kepala Dinkes Mimika, Alfred Douw, mengatakan pada 2007 ditemukan lebih dari 10 kasus filariasis di Mimika.
Guna mencapai eliminasi filariasis pada 2020, maka diharapkan semua kabupaten/kota endemik di Provinsi Papua wajib melaksanakan pemberian obat pencegahan massal filariasis.
“Peran aktif seluruh komponen dari lintas sektoral serta lembaga donor sangat kami harapkan untuk mengeliminasi kasus filariasis ini,” ajak Alfred. (Ant)
Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!