Dinkes Sumsel Maksimalkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

1.224
Ilustrasi -Dok: CDN
PALEMBANG – Dinas Kesehatan Sumatra Selatan, memaksimalkan Saka Bakti Husada (SBH) dalam mensosialisasikan program gerakan masyarakat (Gemas) hidup sehat, supaya sumberdaya manusia di daerah ini semakin berkualitas.
“Kami terus mensosialisasikan program gerakan masyarakat hidup sehat melalui satuan karya Pramuka Bakti Husada atau Saka Bakti Husada (SBH), kata Kepala Dinkes Sumsel, Listy Nuraini, di Palembang, Rabu (12/9/2018).
Menurut dia, dalam memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Karya Pramuka Bakti Husada lalu, pihaknya melaksanakan berbagai lomba bidang kesehatan melalui SBH.
“Tujuan lomba itu tidak lain untuk mensosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat kepada seluruh anggota dan masyarakat,” ujar dia.
Memang, lanjut dia, dibentuknya SBH untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota gerakan pramuka dan masyarakat di lingkungannya.
Karena itu, diharapkan SBH dapat berperan penting dalam mendukung program prioritas nasional bidang kesehatan, yaitu eliminasi TBC, Penurunan Stunting, dan peningkatan cakupan serta mutu imunisasi di Sumsel.
Menurut dia, SBH diperuntukkan bagi para pramuka penegak dan pandega atau para pemuda usia antara 16-25 tahun dengan syarat khusus, yang mana setiap satuan karya atau saka memiliki beberapa krida.
Yang jelas, SBH merupakan wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.
Apalagi, kesehatan merupakan hak fundamental setiap manusia. Karena itu, menjadi tanggung jawab semua pihak, agar hak tersebut dapat diperoleh semua rakyat, tanpa terkecuali.
Pihaknya meminta, agar semua pihak untuk melakukan pola hidup sehat yang dimulai dari sendiri, karena pola hidup sehat penting, supaya sumber daya manusia yang ada semakin berkualitas. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...