Disdik Balikpapan Intensifkan Edukasi Cagar Budaya

Editor: Koko Triarko

171
BALIKPAPAN – Sejak pengalihan kewenangan cagar budaya dari Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, pada 2017, edukasi cagar budaya mulai digencarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Balikpapan ke sekolah-sekolah.
Sejak awal 2018, dinas terkait mensosialisasikan sejumlah cagar budaya yang tercatta di Kota Balikpanan ke sekolah-sekolah. Pasalnya, jumlah yang terdata oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan, ada 111 cagar budaya yang tersebar di sejumlah titik.
Sosialisasi dan edukasi cagar budaya mulai diintensifkan awal 2018 ke sejumlah Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan, Muhaimin. –Foto: Ferry Cahyanti
“Untuk konsep destinasi pendidikan, yaitu cagar budaya, menjadi kewenangan kami, sehingga kami intensifkan ke sekolah untuk mengunjungi cagar budaya dengan referensinya,” terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan, Muhaimin, Kamis (20/9/2018).
Dalam edukasi cagar budaya tersebut, lanjut Muhaimin, yaitu dengan mengenalkan cagar budaya yang dimiliki kota Balikpapan dan sejarah adanya cagar budaya tersebut.
“Kita mulai mengenalkan, bahwa kita punya 111 cagar budaya. Baru taraf pengenalan kembali cagar budaya, kan itu banyak cagar budaya yang kita miliki. Seperti Tugu Australia, Bungker Jepang, Makam Jepang dan lainnya, yang ada di kawasan pemukiman maupun yang berada di lokasi wisata,” sebutnya.
Menurut Muhaimin, siswa sekolah yang datang langsung difasilitasi menggunakan dana BOS masing-masing, sehingga upaya pengenalan pada sejarah keberadaan cagar budaya dapat tepat sasaran.
“Sebelum berkunjung ke cagar budaya di daerah lain, kita kenalkan dulu, bahwa di kota Madinatul Iman juga ada cagar budaya. Mereka difasilitasi oleh sekolah kemudian menggunakan dana BOS untuk operasionalnya,” jelasnya.
Muhaimin berharap, dengan mengintensifkan edukasi cagar budaya, siswa di Balikpapan dapat mengenal dan mengetahui lebih jauh tentang sejarah cagar budaya yang ada di kota sendiri.
“KalAU sudah tahu sejak dini, maka akan tahu dan mencari tahu sejarah dari cagar budaya yang ada di kota kita. Apalagi, cagar budaya di Balikpapan tersebar di beberapa titik,” pungkasnya.
Baca Juga
Lihat juga...