Dispar Kupang Latih Pelaku Usaha Wisata

194
Peserta pelatihan usaha wisata oleh Dinas Pariwisata, ilustrasi - Dok. CDN

KUPANG — Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan pelatihan terhadap 12 kelompok pelaku usaha wisata dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

“Dinas pariwisata tidak hanya melakukan penataan obyek wisata namun juga memberikan pendampingan dan pelatihan terhadap pelaku usaha wisata agar ikut mendukung pembangunan pariwisata melalui pengembangan usaha ekonomi kreatif,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Pariwisata Daerah, Dinas Pariwisata Kabupaten Kupang, Sius Kopong ketika dihubungi di Kupang, Minggu (16/9/2018).

Ia mengatakan, dukungan pemerintah terhadap pelaku usaha wisata dilakukan melalui pelatihan dan bantuan pemberdayaan usaha bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di lokasi wisata.

“Melalui pelatihan peningkatan kapasitas usaha diharapkan masyarakat lebih bergairah dalam meningkatkan usahanya sehingga berdampak pada peningkatan arus kunjungan wisatawan,” kata Sius.

Sius menjelaskan, Dinas Pariwisata telah memberikan pelatihan pengelolaan usaha terhadap pelaku usaha dari 12 kecamatan di Kabupaten Kupang yang memiliki obyek wisata.

Pelatihan peningkatan usaha bagi pelaku wisata diprioritaskan bagi masyarakat di sekitar lokasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan asing.

“Kami berharap kehadiran obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dapat memberikan dampak positif terhadap pembangunan usaha ekonomi masyarakat,” kata Sius.

Ia mengatakan, selain memberikan pelatihan pemerintah juga membangun tempat usaha bagi masyarakat di lokasi wisata.

“Kami sudah membangun beberapa lapak di lokasi wisata Gunung Fatuleu untuk dimanfaatkan sebagai lokasi usaha bagi masyarakat Fatuleu,” ujar Sius. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...