Distan NTB Pasang Pipa Salurkan Air ke Lahan Pertanian

Editor: Koko Triarko

1.465
Kepala Dinas Pertanian NTB, Husnul Fauzi/Foto: Turmuzi
LOMBOK – Gempa bumi yang mengguncang Pulau Lombok telah mengakibatkan saluran irigasi pertanian di sejumlah daerah, terutama di Kabupaten Lombok Utara, mengalami kerusakan dan tidak bisa difungsikan.
“Gempa bumi beberapa waktu lalu, telah mengakibatkan, sebagian drainase saluran irigasi pertanian di Lombok rusak, makanya sebagian lahan pertanian tidak bisa dialiri air”, kata Kepala Dinas Pertanian NTB, Husnul Fauzi, Senin (10/9/2018).
Untuk menyiasati itu, Distan telah memasang pipa sebagai jalan mengalirkan air ke lahan pertanian yang semula tidak bisa dialiri air, karena saluran irigasinya rusak akibat gempa.
Dari proses pemasangan pipa tersebut, lahan pertanian yang sebelumnya tidak bisa teraliri air, sekarang sudah bisa terairi, sehingga tanaman pertanian yang ada, seperti kacang tanah tidak sampai mengalami gagal panen.
“Hasil identifikasi, luasan lahan yang terdampak akibat saluran irigasinya rusak mencapai 10 hektare, itu kita siasati pengairannya dengan cara pipanisasi sebagai solusi,” katanya.
Dikatakan, kalau lahan pertanian sendiri tidak ada yang rusak, tapi fasilitas dan sarana, alat mesin yang rusak, akibat gempa dan belum dihitung nominalnya.
Di Lombok Utara, beberapa fasilitas yang rusak, antara lain UPH gudang permentasi dan open dengan nilai sekitar Rp2-3 miliar, dan sudah dilaporkan kepada Kementan di Jakarta.
“Selain perbaikan saluran irigasi, Distan juga melakukan trauma healing bagi petani di wilayah terdampak gempa, termasuk peningkatan kapasitas building, kepercayaan diri untuk bertani, sehingga tidak terbawa dengan kondisi keterpurukan, tapi bangkit” katanya.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.