Dorong Kompetensi Wartawan, AJI Balikpapan Gelar Uji Profesionalisme

Editor: Satmoko Budi Santoso

177

 

BALIKPAPAN – Guna meningkatkan kompetensi dan profesionalisme jurnalis, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Balikpapan melaksanakan Uji Kompetensi Jurnalistik (UKJ) untuk wartawan di Kalimantan.

UKJ Sendiri diselenggarakan mulai hari ini hingga besok (15/9) di Balikpapan, yang diikuti 26 peserta wartawan yang terdiri dari cetak, online, dan elektronik.

Program UKJ AJI Balikpapan dilaksanakan mengakomodir tiga kategori pengujian bagi para wartawan muda, madya hingga utama. AJI Balikpapan menargetkan sebanyak 26 wartawan di Balikpapan bisa turut serta dalam pelaksanaan UKJ.

Ketua AJI Balikpapan, Devi Alamsyah – Foto Ferry Cahyanti

“Khusus soal ini, AJI Balikpapan melihat perlu adanya peningkatan profesionalisme anggota sesuai standar digariskan Undang-undang Pers,” ucap Ketua AJI Balikpapan, Devi Alamsyah, Jumat (14/9/2018).

Terkait dengan program UKJ, AJI Balikpapan pun mendatangkan sejumlah tenaga penguji AJI Indonesia di antaranya Hasudungan Sirait, Riadi Ngasiran, Abdi Purmono, Eko Maryadi dan Yoseph Ikanubun.

Enam penguji AJI Indonesia ini guna memastikan standar kemampuan dan profesionalitas para wartawan Balikpapan.

“Mereka nantinya akan memperoleh sertifikasi UKJ dari AJI sebagai salah satu organisasi profesi wartawan di Indonesia,” ujar Devi.

Devi mengatakan, uji kompetensi wartawan sudah menjadi kebutuhan sesuai amanat Dewan Pers guna menjadikan wartawan Indonesia profesional di bidangnya.

“Yang menjadi peserta diprioritaskan bagi anggota AJI Balikpapan. Namun ada beberapa anggota AJI dari Jakarta dan Yogyakarta,” sebut Devi.

Sebelum pelaksanaan UKJ, AJI Balikpapan bersama PT Pertamina (Persero) menggelar workshop bertemakan ‘Membangun Ketahanan Energi Nasional’. Pertamina memaparkan perkembangan dan potensi industri migas wilayah Kalimantan dan sekitarnya.

Workshop ini juga bisa meningkatkan pengetahuan wartawan di Balikpapan tentang seluk-beluk industri migas tanah air.

Lihat juga...

Isi komentar yuk