Dorong Konsumsi Warga, Rumania Buka Program Madu di Sekolah

212
Ilustrasi. Foto: Ist/Dok CDN

BUKARES – Rumania akan segera memulai program “Madu di Sekolah” dengan menawarkan satu botol madu per orang buat 1,4 juta anak guna mendorong konsumsi produk sehat itu, kata sekretaris negara di Kementerian Pertanian dan Pembangunan Desa.

“Program ‘Madu di Sekolah’ sudah menjadi hukum. Itu akan berlaku pada 1 Januari 2019, dengan anggaran baru, pengalokasian 16 juta euro (18,56 juta dolar AS) per tahun, dan botol madu yang berisi 350 gram madu lebah kental manis dari produksi dalam negeri Romania akan diberikan kepada masing-masing 1,4 juta anak,” kata pejabat tersebut, Daniel Dumitru Botanoiu, dalam pembukaan kegiatan yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Peternak Lebah di Rumania, untuk memperingati ulang tahun ke-60 berdirinya perhimpunan itu.

Menurut pejabat tersebut, Rumania menempati posisi pertama di Eropa dalam produksi madu, dengan lebih dari 30.000 ton pada 2017, 13 persen dari produksi madu Eropa.

Namun konsumsi madu di negeri tersebut masih rendah dibandingkan dengan negara Eropa Barat dan Nordik.

Data dari Perhimpunan Peternak Lebah di Rumania memperlihatkan bahwa meskipun terjadi pertumbuhan selama dua tahun belakangan ini, konsumsi madu per kepala setiap tahun di Rumania masih jauh lebih sedikit, kurang dari 1,5 kilogram, dibandingkan dengan konsumsi di Belanda dan Belgia, dua kilogram dibandingkan dengan konsumsi madu di Jerman dan tiga kilogram di negara Nordik. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...