hut

Forum Bisnis Pariwisata Bersinergi Promosikan Destinasi Wisata Sabang

Ilustrasi - Laut lepas, menjadi salah satu prioritas untuk dikembangkan - Dok CDN

SABANG — Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Provinsi Aceh menggelar Forum Bisnis Pariwisata untuk mengoptimalkan promosi destinasi wisata kepalauan paling ujung barat Indonesia.

“Forum Bisnis Pariwisata (Tourism Business Forum) bertujuan melakukan sinergi dan kerja sama antar pelaku usaha pariwisata untuk mempromosikan industri wisata Kota Sabang,” kata Wakil Kepala BPKS Irwan Faisal dalam sambutannya saat membuka Forum Bisnis Pariwisata tersebut disalah satu hotel di Sabang, Provinsi Aceh, Rabu (19/9/2018).

Forum Bisnis Pariwisata itu dihadiri para pelaku usaha jasa pariwisata serta perwakilan asosisasi usaha jasa pariwisata yang ada di Sabang, Aceh dan Provinsi Sumatera Utara.

Ada pun pelaku usaha maupun lembaga pariwisata yang hadir diantaranya, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Asosiasi Profesional Pariwisata Indonesia (ASPPI), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI).

Kemudian, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), Asoisasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Asosiasi Perusahaan Penyelenggara Pameran dan Konvensi Indonesia (ASPERAPI) dan Indonesia Maritime Pilot Association (INAMPA).

Deputi Komersil dan Investasi BPKS Agus Salim menyampaikan, kerjasama atau sinergitas antar asosiasi usaha pariwisata sangat penting untuk mengoptimalkan promosi Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KSPN).

“Keseluruhan ada 70 peserta pelaku bisnis pariwisata yang hadir dalam Forum Bisnis Pariwisata di Sabang,” sebut Agus Salim.

Dia berharap, melalui Forum Bisnis Pariwisata ini industri wisata kepulauan paling ujung barat Indonesia makin di kenal di nusantara hingga mancanegara.

“Tadi peserta Forum Bisnis Pariwisata juga menyaksikan langsung kunjungan Kapal Silver Discoverer berbendera Bahamas Nasau sandar di Dermaga CT-1 (BPKS),” ujar dia.

Ia juga meminta, Forum Bisnis Pariwisata menjual berbagai paket wisata ke Sabang diantaranya, selam diatas permukaan laut (Snorkling), menyelam (diving) dari kedalaman, 10 hingga 40 meter ke dasar laut, dan mengunjugi sejumlah situs sejarah di kepulauan paling ujung barat Indonesia. (Ant)

Lihat juga...