Gempa NTB, Wagub Minta Rekonstruksi Lebih Cepat Dilakukan

Editor: Satmoko Budi Santoso

152
Wakil Gubernur NTB, Siti Rohmi Djalilah/Foto: Turmuzi

MATARAM  – Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Siti Rohmi Djalilah, mengajak kepada segenap masyarakat NTB termasuk relawan secara bersama-sama, bergotong royong membangun kembali wilayah terdampak gempa di NTB.

“Membangun kembali kawasan terdampak gempa, tidak bisa dilakukan pemerintah saja, partisipasi masyarakat juga diperlukan, supaya proses rekonstruksi dan rehabilitasi bisa lebih cepat dilakukan,” kata Siti, usai mengikuti rapat paripurna DPRD NTB, Rabu (26/9/2018).

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur tersebut meyakini, dengan kerja gotong royong, proses pemulihan akan lebih ringan dilakukan. Harapannya masyarakat terdampak gempa juga bisa cepat pulang dari lokasi pengungsian dan bisa hidup normal kembali.

Menurutnya, gotong royong dilakukan tidak saja dalam bentuk sumbangan materi, tapi juga dengan menjadi relawan, ikut membantu proses pemulihan dan pembangunan rumah masyarakat korban gempa.

Kepada masyarakat terdampak gempa, ia juga meminta supaya tetap optimis untuk bangkit. Pembangunan kembali kawasan terdampak gempa Lombok tetap difokuskan pada pembangunan infrastruktur dan pariwisata.

“Membangun hunian masyarakat, tentu tetap menjadi prioritas, melalui dana bantuan pembangunan rumah yang dijanjikan pemerintah pusat, termasuk fasilitas kesehatan dan pendidikan,” katanya.

Sebelumnya, Kepala BNPB, Willem Rampangilei mengatakan, selama masa transisi, BNPB akan melakukan perbaikan darurat rumah sakit, sekolah, rumah ibadah, pasar dan sebagian sudah dilakukan, meski belum semuanya.

“Memulihkan kehidupan masyarakat secepatnya, supaya bisa menjalani kehidupan secara normal kembali, sebagaimana masyarakat lain,” katanya.

Untuk rumah masyarakat korban gempa, sampai saat ini yang sudah diverifikasi 30 ribu, sudah dapat SK bupati dan telah disalurkan dana bantuannya, untuk segera membangun kembali rumah masing-masing.

Baca Juga
Lihat juga...