Hama Wereng Serang Tanaman Padi di Penarik

886
Ilustrasi - Petani menyemprot hama -Dok: CDN
MUKOMUKO – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberikan bantuan 12 liter insektisida, untuk mengatasi hama wereng yang merusak tanaman padi, kepada dua kelompok tani di Desa Maju Makmur, Kecamatan Penarik.
“Kami memberikan 12 liter insektisida untuk kebutuhan dua kelompok tani dalam mengatasi hama yang merusak tanaman padinya,” kata Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Wal Asri, di Mukomuko, Jumat (14/9/2018).
Ia mengatakan, bantuan 12 liter insektisida iru diberikan, setelah menerima proposal usulan bantuan dari dua Kelompok Tani di Kecamatan Penarik. Selanjutnya, kelompok tani tersebut yang membagikan kepada kelompok tani lainnya.
Ia memperkirakan, seluas seperempat hektare tanaman padi yang berusia satu bulan milik masing-masing kelompok tani di Desa Maju Makmur, Kecamatan Penarik yang diserang hama.
“Kami telah melakukan pengecekan luas tanaman padi yang diserang hama. Dari seluas seperempat hektare tanaman padi itu, hanya sebagian kecil yang diserang hama,” ujarnya.
Ia memastikan, tanaman padi yang diserang hama tersebut tidak menyebabkan puso atau gagal panen. Pihaknya memberikan bantuan insektisida kepada petani untuk mengantisipasi penyebaran hama wereng di lahan persawahan lainnya.
Berdasarkan proposal usulan bantuan insektisida dari Kelompok Tani Sumber Karya, Kecamatan Penarik, seluas 21 hektare tanaman padi kondisinya memprihatinkan setelah diserang hama. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...