Hari Kunjungan Perpustakaan, Momentum Tingkatkan Layanan

Editor: Mahadeva WS

146

YOGYAKARTA – Peringatan hari Kunjung perpustakaan, yang jatuh setiap 14 September, dijadikan momentum bagi seluruh perpustakaan di Indonesia untuk meningkatkan layanan. Selain itu, momentum peringatan juga dijadikan penyemangat bagi perpustakaan, untuk mendorong budaya literasi di masyarakat.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, SE, MM – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Harapan saya perpustakaan sebagai pilar bidang pendidikan akan mampu mendorong terwujudnya masyarakat literatur di Kota Yogyakarta,” ujar Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, SE, MM di sela acara Semarak Hari Kunjung Perpustakaan Jumat (14/9/2018).

Pada peringatan hari kunjung perpustakaan 14 September 2018, Perpustakaan Kota Yogyakarta menggelar berbagai kegiatan, untuk mendorong minat baca masyarakat. Rangkaian kegiatan menyemarakkan hari Kunjung Perpustakaan ini digelar sejak 13 hingga 18 September 2018.

Salah satu kegiatannya adalah, memberikan layanan prima bagi pemustaka, yang datang ke Perpustakaan Kota Yogyakarta, Jumat 14 September 2018. Para pustakawan secara aktif akan mendampingi pengunjung, untuk memanfaatkan perpustakaan. Juga disediakan welcome drink dan snack, serta puluhan doorprize menarik untuk para pengunjung.

“Berbagai upaya telah kami kembangkan, diharap dapat menarik minat baca masyarakat. Salah satu upaya terbaru dan akan diluncurkan adalah, dibukanya perpustakaan baru di wilayah Jogja Selatan. Hal ini diharapkan akan mampu meningkatkan coverage area layanan perpustakaan, sekaligus memecah tingginya kunjungan pemustaka ke perpustakaan kotabaru,” jelas Wahyu.

Sejumlah kegiatan lain juga digelar Perpustakaan Kota Yogyakarta sejak beberapa waktu terakhir. Salah satunya, kegiatan Festival Literasi, berupa Sanggar Jurnalistik bagi Remaja. Kegiatan itu merupakan, pelatihan kepenulisan bagi siswa-siswi SMP di Kota Yogyakarta. Kegiatan lainnya adalah, Seminar Regional Perpustakaan Sekolah pada Selasa (18/9/2018). Seminar mengangkat tema Inovasi Perpustakaan Sekolah. Narasumber dalam seminar tersebut adalah, Zainal Fanani, MM, P.rac, dan Heri Abi Burrachman, MIP.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.