Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Pantai Baron, Melimpah

139
Nelayan, ilustrasi -Dok: CDN
YOGYAKARTA – Nelayan Pantai Baron, Kabupaten Gunung Kidul, mendapat hasil tangkapan melimpah, mulai dari tongkol lisong, kakap merah, cumi-cumi, sotong hingga gurita.
Ketua nelayan Pantai Baron, Sumardi, mengatakan, sejak beberapa pekan terakhir, nelayan Pantai Baron panen berbagai jenis ikan dengan hasil yang sangat melimpah. “Setiap menjelang musim hujan, hasil tangkapan ikan sangat banyak,” katanya Minggu (30/9/2018).
Dia mengatakan, berbagai jenis ikan salah satu favorit masyarakat Gunung Kidul adalah kartomarmo. “Setiap mendapat hasil ikan kartomarmo langsung kami jual di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Kartomarmo paling diburu masyarakat sini,” katanya.
Sumardi mengatakan, dirinya dan puluhan nelayan lainnya mengaku bersyukur dengan perolehan panen kali ini. Sebab, sejak beberapa bulan lalu dirinya dan nelayan lainnya tidak melaut, karena minimnya tangkapan.
“Selain kartomarmo, tongkol lisong, kakap merah, cumi-cumi, sotong hingga gurita,” katanya.
Sementara itu, penjual ikan di TPI Pantai Baron, Tugiman, mengatakan musim tangkap ikan seperti pada bulan ini dirinya setiap hari dapat menjual 25 kuintal ikan Kartomarmo.
“Beberapa hari lalu, kurang lebih itu berisi 25 kuintal. Kebanyakan yang membeli memang masyarakat Gunung Kidul, harganya Rp15 hingga Rp20 ribu,” ucapnya.
Dia mengatakan, ikan kartomarmo yang berbentuk kecil tidak lebih dari tiga ruas jari orang dewasa ini mudah sekali busuk, untuk itu perlu perlakuan khusus seperti diberi es batu, atau dimasukkan ke dalam kotak pendingin. “Sore dapat, pagi dijual biasanya langsung habis,” katanya.(Ant)
Baca Juga
Lihat juga...