Imunisasi MR di Pulau Rimau Balak Sukses Berkat Keterlibatan Kader Posyandu

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

159

LAMPUNG — Pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR) tahap pertama dengan menyasar sejumlah pelajar sudah dilaksanakan pada Agustus lalu. Memasuki September, pelaksanaan menyasar sejumlah anak usia 9 bulan hingga 15 tahun yang belum mendapatkannya.

Bidan Desi Novita, Amd. Keb, bidan desa di Puskesmas Desa (Puskesdes) Pulau Rimau Balak Kecamatan Ketapang menyebut pelaksanaan MR sudah 100 persen di pulau tersebut.

“Peran serta kader Posyandu sangat membantu dalam pelaksanaan imunisasi MR. Sebab sebelum jadwal pemberian vaksin, satu dua bulan sebelumnya para ader Posyandu ikut melakukan sosialisasi pelaksanaan imunisasi MR,” sebutnya saat ditemui Cendana News, Jumat (7/9/2018).

Sebagai wilayah yang berada di pulau jauh dari daratan ada sejumlah warga tinggal di lokasi yang jauh harus menggunakan perahu.

“Tapi kader Posyandu melakukan sosialisasi kepada orangtua agar bisa membawa anaknya ke Puskesdes untuk pemberian vaksin imunisasi MR,” terangnya.

Salah satu kader Podyandu aktif terlibat dalam kegiatan penyuluhan kesehatan dan membantu pelaksanaan imunisasi MR bagi Balita di Posyandu Kenanga 1 [Foto: Henk Widi]
Bidan Desi Novita juga memastikan tidak ada orangtua yang melakukan penolakan pemberian vaksin. Ia juga menyebut tidak ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) setelah pemberian vaksin imunisasi MR kepada siswa dan balita sasaran.

Marjanah, salah satu kader Posyandu menyebutkan, sebelum pelaksanaan imunisasi pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada sejumlah ibu rumah tangga yang memiliki anak balita dan anak usia 9 bulan hingga 15 tahun.

“Salah satu anak bernama Mardi yang putus sekolah dan berusia 14 tahun bahkan bersedia menerima imunisasi MR saat tengah membantu orangtuanya,” sebutnya.

 

Disebutkan juga, selain ikut menjelaskan terkait sisi positif dan kegunaan imunisasi MR, para kade juga memiliki tugas mencatat tumbuh kembang balita. Di antaranya pemeriksaan berat, tinggi badan hingga asupan gizi.

Lihat juga...

Isi komentar yuk