Imunisasi MR di Sikka, Sudah Mencapai 79 Persen

Editor: Mahadeva WS

131

MAUMERE – Pemerintah Kabupaten Sikka, melalui Dinas Kesehatan setempat, telah mengimunisasi Measles Rubella (MR) 73.444 anak sasaran. Mereka tersebar di 21 kecamatan, dan 147 desa serta 13 kelurahan yang ada daerah tersebut.

“Hingga 13 September 2018, dari target 77 persen, yang sudah diberi imunisasi rubella ada 79,3 persen,” sebut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka,  drg. Harlin Hutauruk, Jumat (14/9/2018).

Dari total sasaran sebanyak 92.542 anak, sisanya 19.098 anak yang belum terimunisasi, tersebar di beberapa sekolah yang mayoritas muridnya beragama Islam. “Pencapaian tertinggi berada di Puskesmas Palue dengan 95.3 persen, disusul Kecamatan Kewapante dengan capaian 91.5 persen, Kecamatan Kangae di Puskesmas Waipare dengan capaian 91,3 persen,” tambahnya.

Sementara untuk pencapaian terendah ada di Kecamatan Mapitara, yang terdiri dari empat desa. Di lokasi tersebut, hanya dilayani satu puskesmas, dan pencapaian imunisasinya baru sebesar 53,7 persen. Capain minim juga terjadi di Puskesmas Teluk, di Pulau Pemana yang melayani masyarakat di pulau Pemana, Kojagete, Kojadoi dan Sukun. Di Puskesmas tersebut capaian imunisasi MR baru 60,4 persen.

Salah satu orang tuan murid di SD Nangameting, Maria Parera menyebut, untuk sekolah tempat anaknya belajar, semua siswa telah mendapatkan imunisasi MR. Imunisasi dilakukan sejak pertengahan Agustus 2018 lalu. “Setelah melihat dampak yang ditimbulkan dari penyakit campak dan rubella kami sebagai orang tua tentu merasa senang apabila anak kami mendapatkan imunisasi secara gratis,” tuturnya.

Lihat juga...

Isi komentar yuk