Industri Kesehatan Tubuh Makin Diminati Masyarakat

Editor: Satmoko Budi Santoso

398

JAKARTA – Terus berkembangnya industri kesehatan yang berbasis pada perawatan tubuh terlihat pada menjamurnya klinik perawatan tubuh atau yang biasa disebut klinik kecantikan oleh masyarakat umum.

Walaupun sebenarnya kata cantik sudah tidak tepat untuk dipakai lagi saat ini. Karena bukan hanya kaum hawa saja yang sekarang berminat untuk melakukan perawatan tapi juga kaum adam.

Salah satu pelaku industri perawatan tubuh, Elsa Diela, yang menjabat sebagai Country Manager Venus Concept mengatakan, ada peningkatan signifikan dari laki-laki yang melakukan perawatan.

dr. Fitra Hergyana, SpKK – Foto Ranny Supusepa

“Estetika sekarang ini, seperti kebutuhan di masyarakat. Kalau tidak melakukan perawatan, ya tidak trendy. Dan bukan hanya kaum wanita saja, para pria pun sudah menunjukkan peningkatan jumlah, yang datang ke klinik,” kata Elsa, Minggu (2/8).

Diakui Elsa bahwa tujuan perawatan wanita dan pria memang beda tapi semuanya masih berkutat pada wajah dan tubuh.

“Tren perawatan di Indonesia itu masih sekitar wajah dan tubuh. Untuk wajah misalnya perawatan untuk menghilangkan jerawat atau perawatan menghilangkan bekas jerawat. Ya seperti bopeng gitu. Lalu ada juga yang mau menghilangkan flek atau discromia,” kata Elsa lebih lanjut.

Untuk perawatan badan, wanita biasanya akan fokus pada selulit dan stretchmark, sementara pria akan fokus pada pengecilan perut dan payudara.

Meningkatnya kecenderungan minat masyarakat pada estetika ini juga mendorong rumah sakit untuk memiliki klinik perawatannya sendiri.

Diungkapkan oleh dr. Fitra Hergyana, SpKK, yang bertugas di RSUD Karawang, salah satu yang mendorong berdirinya klinik perawatan di RSUD Karawang adalah untuk menambah pemasukan bagi rumah sakit.

“Kami memang sedang membangun Klinik Estetika tapi bukan hanya karena alasan pemasukan semata tetapi karena RSUD Karawang merupakan rumah sakit rujukan regional dan rumah sakit untuk tujuan pendidikan,” katanya.

dr. Fitra menjelaskan, sebenarnya bukanlah hal yang aneh jika suatu rumah sakit memiliki Klinik Estetika.

“Klinik Estetika ini sebenarnya merupakan salah satu kompeten dalam coregium kulit dan kelamin. Sehingga wajar saja kalau kami, sebagai rumah sakit rujukan regional dan rumah sakit pendidikan memiliki fasilitas Klinik Estetika yang gold standard. Karena akan banyak dokter kulit muda yang akan menimba ilmu di tempat kami,” papar dr. Fitra.

Selain itu dr. Fitra menambahkan bahwa memang untuk area Karawang hingga Bekasi belum ada Klinik Estetika seperti yang akan dibangun RSUD Karawang.

Baca Juga
Lihat juga...