Jaga Kekayaan Laut, Dinas Perikanan Biak Libatkan Pokwasmas

186

BIAK — Dinas Perikanan Kabupaten Biak Numfor, Papua melibatkan kelompok pengawas masyarakat (Pokwasmas) di berbagai kampung dan kepulauan untuk menjaga kekayaan wilayah konservasi sumber daya alam laut daerah itu yang kaya dengan beragam jenis perikanan.

Kepala Dinas Perikanan Biak, Effendi Igirisa, mengatakan pembentukan Pokwasmas merupakan amanat pemanfaatan sumber daya alam, Pasal 33 ayat (3) UUD RI 1945, yang menyebutkan sumber daya alam yang terkandung dalam bumi dan air agar dimanfaatkan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Effendi Igrisa mengakui dasar hukum pembentukan pokwasmas yakni Pasal 67 UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan, yang berbunyi, “Masyarakat dapat diikutsertakan dalam pengawasan perikanan”.

“Serta keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.58/MEN/2001 tentang Tata Cara Pelaksanaan Siswasmas Dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan,” katanya saat dihubungi di Biak, Minggu (16/9/2018).

Ia menyebut, wilayah perairan laut Biak Numfor memiliki potensi sumber laut yang kaya dan beragam jenis ikan maka pemanfaatan harus dikelola untuk memberikan keuntungan ekonomi bagi warga sekitar.

Sedangkan di sisi lain potensi sumber daya alam laut jika tidak dijaga dengan baik, menurut Effendi, dapat menimbulkan kerusakan lingkungan oleh pihak yang tidak bertanggung sehingga diperlukan keterlibatan pengawasan kelompok masyarakat setempat.

Upaya pengawasan perairan laut Biak Numfor harus dilakukan pokwasmas, menurut Effendi, sebagai upaya dan langkah untuk mencegah tindakan ilegal dan perusakan dengan menangkap ikan tidak ramah lingkungan atau menggunakan bahan peledak sehingga mengancam habitat sumber daya kelautan.

Ia berharap, keterlibatan Pokwasmas diharapkan dapat menjaga kelestarian sumber daya kelautan sehingga sumber daya laut Biak dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk masa sekarang dan akan datang.

Berdasarkan data, Pokwasmas perikanan di Kabupaten Biak Numfor diberikan pelatihan teknis tentang tata cara pengawasan masyarakat di berbagai kampung wilayah pesisir, melakukan sosialisasi tentang menjaga potensi sumber daya alam laut Kabupaten Biak Numfor serta memberikan bantuan peralatan tangkap ikan. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...