Jatah Formasi CPNS Sesuai Kemampuan Anggaran Daerah

Editor: Mahadeva WS

213
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Balipapan Robi Ruswanto – Foto Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Di 2018, Pemerintah Kota Balikpapan mendapat kuota 189 Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jumlah itu diklaim, sesuai kemampuan anggaran daerah, dan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, No.431/2018, tentang Kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Balikpapan.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Balikpapan, Robi Ruswanto mengungkapkan, usulan pengadaan CPNS disesuaikan dengan jumlah ASN yang memasuki masa pensiun, serta kemampuan anggaran daerah. “Syarat lain yang dipenuhi yaitu ada kemampuan keuangan daerah. Struktur anggaran kita 31% Belanja Pegawai dan 69% Belanja Pembangunan, melihat kondisi ini maka terpenuhi untuk menambah pegawai di 2018,” jelasnya, Selasa (18/9/2018).

Dalam formasi penerimaan tersebut, tenaga guru menjadi formasi terbanyak 129 orang. Kemudian disusul tenaga kesehatan 28 orang, formasi untuk pengangkatan honorer K2 sebanyak empat orang, dan tenaga teknis sebanyak 28 orang. “Alokasi tenaga teknis berdasarkan kebutuhan real di lapangan yang diajukan oleh masing masing OPD, diluar tenaga guru dan kesehatan diantaranya Analis Kepegawaian Ahli Pertama, Analis Pembangunan, dan Pranata Komputer Ahli Pertama, dan lainnya,” rinci Robi.

Proses seleksi CPNS 2018, akan menerapkan sistem gugur, dimulai saat pendaftaran dan verifikasi berkas lamaran yang dikirimkan ke BKPSDM. Diharapkan, calon pelamar memperhatikan persyaratan yang telah ditentukan dalam situs web tersebut.

“Contohnya, ijazah harus dilegalisir, kita juga mensyaratkan perguruan tinggi dan jurusan yang telah terakreditasi. Jika tidak tertera akreditasi pada ijazah maka harus membuat surat keterangan dari perguruan tinggi tentang akreditasi perguruan dan jurusan, termasuk menyiapkan KTP Elektronik, dan STR bagi tenaga kesehatan,” urainya.

Berdasarkan jadwal yang ditetapkan, proses pendaftaran CPNS dimulai pada 19 September 2018. Pendaftaran dilakukan secara daring atau online, melalui situs web resmi penerimaaan CPNS 2018, sscn.bkn.go.id. Pengumuman peserta untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang digelar 16 Oktober 2018, pelaksanaan tes Computer Assisted Test (CAT) pada 20 Oktober 2018, dan pengumuman akhir pada 30 November 2018.

Baca Juga
Lihat juga...