Jembrana Ekspor Kakao ke Prancis

Buah kakao, ilustrasi -Dok: CDN

NEGARA – Kabupaten Jembrana, Bali, mengekspor Kakao Fermentasi ke Prancis. Hal tersebut semakin memperkuat, pengakuan pasar internasional terhadap kualitas kakao dari daerah tersebut.

“Untuk mendapatkan hasil seperti ini, peningkatan kualitas kakao Jembrana sudah dirintis sejak delapan tahun lalu. Sekarang hasilnya mulai dirasakan petani kakao di Kabupaten Jembrana,” kata Bupati I Putu Artha, Saat melepas ekspor satu kontainer Kakao Fermentasi ke Prancis di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Negara, Kamis (6/9/2018).

Penerimaan pembeli luar negeri, dengan harga yang layak, menjadi memotivasi petani kakao untuk lebih bersemangat mengembangkan komoditas tersebut. Selain itu, ekspor kakao tersebut, juga menjadi bukti, jika pasaran Kakao Fermentasi kelas premium memang benar-benar ada dan nyata.

Kepada pembeli atau calon pembeli baik dari dalam maupun luar negeri, dimintanya, agar saling bersinergi. Termasuk dengan pemerintah serta pihak terkait, untuk membantu petani. “Bukan pada tataran kompetisi, tapi lebih sebagai pendorong semangat bagi petani. Hargai jerih payah petani dengan kepastian dari pembeli, jangan mempermainkan harga hasil pertanian,” tandasnya.

Direktur Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, Bambang, mengapresiasi Kabupaten Jembrana yang mampu memproduksi Kakao Fermentasi kualitas premium. Jembrana bisa menjadi contoh masa depan kakao Indonesia, dengan keberhasilan mewujudkan Kakao Fermentasi, yang mampu menembus pasaran internasional. “Di setiap sentra penghasil kakao, bisa mencontoh Kabupaten Jembrana, dalam mendapatkan hasil panen, serta pengolahan Kakao Fermentasi dengan kualitas premium,” katanya.

Lihat juga...