Kali Bekasi Dipersiapkan Jadi Destinasi Wisata Baru

Editor: Makmun Hidayat

293

BEKASI — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi, akan menjadikan Kali Bekasi ramah lingkungan sekaligus sebagai pusat destinasi wisata baru di Kota Patriot.

Untuk mewujudkan ‘Kali Bekasi Bersih’ maka pada Oktober 2018 akan dilakukan kegiatan bersih kali dengan melibatkan semua pemerhati lingkungan.

“Kegiatan ‘Bersih Kali’ akan melibatkan pemangku kepentingan termasuk warga sekitar kali bekasi dan komunitas pencinta kali Bekasi. Akan melakukan pembersihan kali juga dilaksanakan pengerukan badan sungai,” jelas Kepala Seksi Pencemaran DLH Kota Bekasi, Agung Adi putera, Senin (10/9/2018) kemarin.

DLH Kota Bekasi beserta pemerhati lingkungan menggelar rapat koordinasi persiapan melakukan Kali Bekasi Bersih. – Foto: M. Amin

Menurut Agung, pengerukan badan sungai penting, mengingat sedimentasi Kali Bekasi terbilang tinggi dan pengerukan terakhir dilakukan tahun 1973. Kegiatan Bersih Kali Bekasi akan dimulai dari Cipendawa hingga Presdo, di terjunan air antara Kali Bekasi dan Kalimalang.

“Kegiatan Bersih Kali, akan dibagi menjadi empat zonasi mencakup Kemang Pratama 5, Kemang Pratama 3, Cipendawa, dan Presdo. Target pelaksanaan di bantaran dan badan sungai, akan diikuti di antaranya warga Delta Pekayon, Kemang Pratama, ormas pecinta lingkungan, Pramuka, kodim, Polres, Perum Jasa Tirta (PJT), PDAM, hingga pelaku usaha yang bersinggungan dengan Kali Bekasi,” jelas Agung.

Ia berharap kegiatan ini mendapat dukungan dan bantuan masyarakat karena keterbatasan dana yang dimiliki. “Kami juga berharap ada dukungan dari Disbimarta Bekasi agar bisa mendatangkan Beko dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang speksifikasinya sesuai dengan Kali Bekasi. Sehingga kegiatan pengerukan kali bisa terwujud sesuai harapan warga,” imbuhnya.

Ketua KP2C, Puarman menunjuk kan pencemaran di Kali Cileungsi beberapa waktu lalu – Foto: Ist/M. Amin

Menanggapi wacana tersebut, Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C), Puarman, berharap kegiatan bersih sampah di kali Bekasi dapat diperluas sampai ke Curug Parigi yang lokasinya tepat diperbatasan antara Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor.

“Perlu kepedulian bersama antara pemerintah, masyarakat dan pengusaha untuk menjadikan Sungai Cileungsi dan Kali Bekasi dibawah pengelolaan managemen Balai Besar Wilayah Sungai Citarum-Cisadane kembali jernih,” tegas Puarman.

Sebelumnya, DLH Kota Bekasi telah berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk melaksanakan kegiatan Bersih Kali, berbagai persiapan pun dimatangkan dengan memanggil perwakilan Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C), Komunitas Amphibi, Forum RW Kemang Pratama, perwakilan Polres Bekasi, Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Dinas Bina Marga dan Tata Air (Disbimarta) Kota Bekasi, BPBD Bekasi, Satpol PP Bekasi, dan Biro Humas Kota Bekasi untuk dilibatkan dalam program tersebut.

Lihat juga...

Isi komentar yuk