Kampung Hijau, Ciptakan Lingkungan Bersih dan Sejuk

Editor: Satmoko Budi Santoso

143

DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar terus berinovasi untuk menciptakan Denpasar aman, nyaman, bersih, dan sejuk. Kelurahan Sesetan membuat terobosan dengan program Kampung Hijau di wilayah Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan.

Lurah Sesetan, Ketut Sri Karyawati, mengatakan, program ini dibuat untuk menciptakan kampung bersih, sehat, dan sejuk. Program baru dibuat awal Agustus 2018, bisa sukses terlaksana. Hal itu tentunya atas partisipasi warga masyarakat dan beberapa perusahan yang ada di wilayah Sesetan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Kampung hijau yang diprogramkan menurutnya belum semua desa diterapkan karena pengerjaan baru dimulai awal bulan Agustus.

Lurah Sesetan Ketut Sri Karyawati.-Foto: Sultan Anshori.

“Pengerjaan dilakukan secara bertahap, maka kami mohon partisipasi, dukungan semua masyarakat,” ucap Ketut Sri Karyawati, Rabu (26/9/2018).

Menurut Ketut Sri Karyawati lagi, sejak dari sebulan dikerjakan yang telah berhasil tertata menjadi kampung hijau adalah di Lingkungan Karya Dharma dan Lingkungan Pembuangan. Tidak menutup kemungkinan, sejak ditata menjadi kampung hijau, ada orang yang tidak bertanggung jawab dengan mengambil pot tanaman dan memecahkan pot tanaman.

“Mengantisipasi kejadian tersebut tidak terulang, ia akan berkoordinasi dengan Kepala Lingkungan serta masyarakat setempat agar ikut menjaga lingkungan,” tegasnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat yang rumahnya dekat dengan lokasi tersebut memasang CCTV. Berhubung lokasi dekat sekolah, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada kepala sekolah agar siswa ikut serta menjaga dan tidak usil. Dengan dilaksanakan program ini, Sri mengaku, masyarakat bisa melihat hasilnya, yakni terlihat rindang, bersih, hijau, seperti suasana desa yang alami.

“Bahkan mereka ikut menerapkan di rumahnya masing masing. Dengan suksesnya program ini, Sri berharap, ke depan bisa tercipta lingkungan yang sehat, rindang, dan tertata, di seluruh wilayah Kelurahan Sesetan,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Denpasar Selatan, I Wayan Budha, membenarkan bahwa Kampung Hijau bisa terciptakan berkat CSR dari beberapa pihak seperti perusahaan, masyarakat maupun tokoh masyarakat.

Menurutnya, program inovasi Kelurahan Sesetan memang sangat bagus. Untuk menciptakan kampung hijau di seluruh Kecamatan Denpasar Selatan, Wayan Budha mengimbau, agar masing-masing desa membuat inovasi, sesuai harapan Walikota Denpasar supaya bisa terbentuk kampung hijau.

“Selain di Sesetan, kampung hijau juga telah terbentuk di Sidakarya,” kata Wayan Budha.

Baca Juga
Lihat juga...