Karya Seni Mural Pelukis Kolombia Untuk Inspirasi

Editor: Koko Triarko

1.588
JAKARTA — Gubernur DKI, Anies Baswedan, menginginkan ruang-ruang terbuka lainnya di Ibu Kota dapat dipercantik dengan hiasan seni dan budaya, seperti di kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat. 
Anies menuturkan, bahwa Pemprov DKI kini telah bekerja sama dengan Kedutaan Besar Kolombia, meresmikan lukisan mural di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat.
“Mereka (Pemprov DKI dan Kedubes Kolombia) bekerja membangun, melukis mural di TIM. Kita sudah lihat hasilnya, dan saya sampaikan tadi, bahwa rencana kita untuk menjadikan Jakarta sebagai kanvas seni dan budaya. Akan kita teruskan dan ini adalah salah satu milestone-nya,” kata Anies, di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (10/9/2018).
Selain itu, kerja sama dengan Kedubes Kolombia bisa menjadi langkah awal. Anies juga meminta, Ledania bisa bertukar pikiran dengan pembuat mural lainnya yang ada di Indonesia.
“Tadi saya mengundang Ibu Ledania untuk bisa bertemu, berinteraksi dengan para pelukis mural di Indonesia, dan pelukis mural Indonesia tidak kalah, hebat-hebat, baik-baik, karena itu pertukaran pikiran, pertukaran gagasan antarmereka jadi penting,” ujar Anies.
Dia mengatakan karya seni harus dipamerkan di ruang terbuka. Dia ingin karya seni tidak menjadi eklusif untuk kalangan tertentu saja.
“Kita ingin Jakarta dipandang sebagai kanvas, agar para seniman hadir. Mulai dari performing arts hingga street arts. Di kota ini, seni bukan di ruang tertutup, tapi di ruang terbuka dan dinikmati warga Jakarta,” ujarnya.
Sebelumnya, kata Anies, pembuatan mural sudah dimulai, khususnya dalam  menyambut Asian Games 2018. Menurut Anies, dengan adanya mural yang dilukis di dinding-dinding, bisa menambah estetika dan menjadi lebih indah.
“Kita ingin ini diteruskan, dan saya mengharapkan kepada seluruh warga, manfaatkan kreativitas yang ada di lingkungan kita. Orang-orang kreatif diberikan fasilitas supaya tempat-tempat kita tinggal menjadi tempat yang indah, menjadi yang artistik,” ungkapnya.
Anies juga berharap, kerja sama ini bisa dimanfaatkan para seniman mural Jakarta untuk bisa bertukar ilmu.
“Izinkan muralis Indonesia saling belajar, saya rasa bisa bertukar pikiran. Jadi, diresmikan bukan hanya untuk selfie, tapi dipakai juga untuk inspirasi,” tuturnya.
Anies menginginkan, agar DKI Jakarta sebagai kanvas seni dan budaya agar terus dilakukan. Walaupun beberapa wilayah yang ada di Ibu Kota sudah melakukan kegiatan seni mural menjelang perhelatan Asian Games 2018 beberapa waktu lalu.
Orang nomor satu di DKI Jakarta itu menyebutkan, kerja sama seni hari ini bukan yang terakhir, justru sebagai pembuka.
“Ini kerja awal mural dari Bu Ledanka menjadi pembuka, kita akan kerja sama lebih banyak lagi. Dan tadi saya mengundang kepada ibu Ledania untuk bisa bertemu berinteraksi dengan para pelukis mural di indonesia,” jelasnya.
Sementara itu, seniman Kolombia, Ledana, mengatakan, pengerjaan mural memakan waktu lima hari. Dia mengerjakan setiap hari selama lima hingga enam jam.
Selain itu, dia mengaku senang karyanya dapat dipamerkan di Indonesia. “Indonesia merupakan negara yang indah, dan ini kesempatan berharga bagi saya, terima kasih atas kesempatannya,” tutup Ledonia.
Baca Juga
Jakarta Mampu Jadi Ikon Destinasi Halal JAKARTA - Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik, Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) DKI Jakarta, Osmena Gunawan, mengungkapkan...
Pemprov DKI Persiapkan Fasilitas Bermain di Monas JAKARTA --- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk menyediakan beragam fasilitas bermain bagi anak-anak ...
Satgas Nusantara, Polda Metro Jaya Siap Amankan Pe... JAKARTA - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Irjen Idham Azis, menegaskan, siap mengamankan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang. "Kalau persiapan kit...
KRL Tanah Abang Kembali Beroperasi Normal Setelah ... JAKARTA --- Gangguan teknis pada listrik aliran atas (LAA) di Stasiun kereta api Tanah Abang, Jakarta yang sebelumnya terjadi, pada Minggu sore sudah ...
Gubernur DKI Sayangkan Ditolaknya PMD PD PAM Jaya JAKARTA - Gubernur DKI, Anies Baswedan, menyayangkan keputusan anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta yang...
Belum Bayar BPJS, Anies Jamin Layanan tak Tergangg... JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan pihaknya menjamin pelayanan kesehatan di delapan RSUD DKI tidak akan terganggu karena belum...
Anies Geram, tak Ada Petugas Berjaga di Stasiun Pa... JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, geram kepada petugas Dinas Perhubungan (Dishub) yang tidak berjaga di Stasiun Palmerah, Slipi, Jakarta...