Ke Kemusuk, Mbak Tutut Ziarah ke Makam Leluhur

Editor: Mahadeva WS

1.074

YOGYAKARTA – Putri pertama Presiden RI ke 2 HM Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana, atau Mbak Tutut, ziarah ke makam keluarga besar Pak Harto di Dusun Kemusuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Kamis (13/09/2018). 

Bertolak dari Solo, Mbak Tutut datang bersama rekan-rekan sekolah, dan sahabatnya. Tiba di Dusun Kemusuk sekira pukul 13.30 WIB, dengan menggunakan bus, Mbak Tutut langsung menuju Makam Pule Rejo.

Di makam ini Mbak Tutut nyekar ke sejumlah makam sepepuh, dan kerabat pak Harto. Diantaranya makam Ny Soekirah, ibu kandung Pak Harto atau nenek Mbak Tutut. Alm Notosudiro yang merupakan kakek dari ibu pak Harto. Hingga Noto Soewito yang merupakan adik pak Harto. “Kita kesini (Solo dan Jogja) untuk ziarah. Kalau Solo kan dari keluarga Ibu, sedang Jogja dari keluarga Bapak. Kalau orang jawa bilang Nyekar,” katanya, usai ziarah.

Mbak Tutut dan rombongan berdoa di makam leluhur di Dusun Kemusuk, Argomulyo, Sedayu Bantul – Foto Jatmika H Kusmargana

Mbak Tutut mengaku rutin melakukan ziarah ke makam keluarga besar, dan leluhur kedua orangtuanya, baik di Solo maupun Jogja. Selain biasa melakukan Nyekar saat bulan Ruwah, Dia juga melakukan ziarah jika sedang memiliki waktu luang atau sedang berkunjung ke Jogja. “Kadang kesini saat sebelum Puasa, tapi tidak pasti juga, setiap sebelum bulan puasa. Kalau ada waktu kita sempatkan,” tambahnya.

Setelah ziarah di makam Pule Rejo, MbakTutut lantas mengunjungi Museum Memorial HM Soeharto. Disini Dia dan rombongan sempat masuk untuk melihat jejak sejarah perjuangan Pak Harto. Lantas melanjutkan berziarah ke Makam Somenggalan, tempat dikuburkannya adik pak Harto, Probosutedjo, serta ke makam Sikepoh, tempat dikuburkannya bapak pak Harto, alm Kartosudiro.

Baca Juga
Lihat juga...