Kebakaran Lereng Gunung Lawu Meluas, Muncul Api Baru

Editor: Makmun Hidayat

207

SOLO — Kebakaran di hutan lindung Gunung Lawu makin meluas. Kali ini dua titik kebakaran terlihat di sisi sebelah barat laut lereng Gunung Lawu, yang masuk Kecamatan Kerjo dan Kecamatan Jenawi, Karanganyar, Solo, Jawa Tengah.

Berdasarkan laporan yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Karanganyar menyebutkan, kebaran yang terjadi di tepat 1c, Dusun Mbabar, Desa Agras Manis, Kecamatan Jenawi terlihat sejak pukul 09.00 WIB, Selasa (11/9/2018) kemarin. Api yang awalnya membakar semak belukar di kaki Gunung Lawu itu semakin siang semakin membesar karena tersapu angin kencang.

“Api dengan cepat membesar. Selain banyak ranting dan semak belukar yang mudah terbakar juga karena anginnya besar sehingga api cepat merambat,” kata Subagyo, salah satu warga Mbabar, Rabu (12/9/2018) pagi.

Penyebab terjadinya kebakaran belum dapat dipastikan, namun warga menduga akibat cuaca. “Kemungkinan puncak kemarau karena terik matahari benar-benar panas. Apalagi banyak dahan dan ranting yang sudah sangat kering, jadi sangat mudah terbakar,” lanjut dia.

Sejak terlihatnya titik api di petak 1c, warga sudah pro aktif untuk memadamkan api. Bahkan, setelah dilaporkan kepada pihak Kepolisian dan Perhutani, pemadaman api dilakukan bersama-sama dengan turut dibantu relawan. Kendati demikian, api belum juga bisa dipadamkan hingga malam hari masih terlihat korban api di lereng Gunung Lawu tersebut.

“Yang sudah terjun diantaranya dari Kepolisian, Perhutani, relawan, BPBD, serta warga masyarakat. Hingga pukul 18.00 wib, luas lahan yang terbakar mencapai dua hektare,” tambah Paryanto, salah satu petugas BPBD Karanganyar.

Untuk malam hari pihaknya tidak bisa melakukan pemadaman api maupun untuk melokalisir agar api tidak cepat merambat. Sebab, selain peralatan yang terbatas, kondisi tidak memungkinkan untuk pemadaman api menggunakan air. “Oleh karena itu untuk pergerakan lanjutan akan dilakukan pagi ini,” imbuhnya.

Selain di Desa Agras Manis, Kecamatan Jenawi, titik api juga terlihat di Dusun Jenggrk, Desa Ganten, Kecamatan Kerjo. Kebakaran dilaporkan Selasa malam, sekitar pukul 18.30 WIB. “Kebaran terjadi di alas karet, yang masuk dalam perkebunan milik pemerintah. Untuk saat ini masih menunggu perkembangan, karena penanganan di malam hari sangat menyulitkan,” tandasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.