Keliling Nusantara, Kirab Pemuda 2018 Tampilkan Kekhasan Daerah

204

JAKARTA — Pemerintah menargetkan jumlah peserta Kirab Pemuda 2018 mampu masuk rekor dunia atau “Guiness Book of Record” dan memperkuat semangat kebangsaan Indonesia.

“Kirab Pemuda 2018 akan berkeliling ke seluruh kota/kabupaten di Indonesia,” kata Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda (Kemenpora) Faisal Abdullah di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Faisal sempat melepas peserta Kirab Pemuda 2018 di Sabang, Aceh, dengan mengadakan berbagai kegiatan positif guna meningkatkan nasionalisme. Faisal menuturkan kegiatan Kirab Pemuda kali ini tidak banyak berubah dibanding pelaksanaan tahun sebelumnya.

Peserta Kirab Pemuda akan melaksanakan kegiatan sesuai kearifan lokal yang menjadi ciri khas setiap daerah dan aktifitas berstandar nasional seperti membaca kitab suci setiap pemeluk agama secara bergantian.

Diungkapkan Faisal, pembacaan kitab suci menjadi kegiatan bertaraf nasional lantaran pernah masuk Museum Rekor Indonesia (MURI) pada Kirab Pemuda 2017.

Berdasarkan catatan tahun sebelumnya, maka Faisal menargetkan kegiatan serupa pada 2018 mampu mencatatkan sejarah masuk rekor dunia. Peserta Kirab Pemuda 2018 juga ditekankan meningkatkan kreatifitas, potensi keterampilan, dan kewirausahaan agar melahirkan pengusaha muda yang mampu memotivasi pemuda setempat.

Wakil Wali Kota Sabang, Suradji Junus mengapresiasi Kemenpora RI yang menunjuk Sabang sebagai lokasi pertama pelepasan peserta Kirab Pemuda 2018.

KiirabSuradji mengharapkan penunjukkan Sabang sebagai tempat pertama kegiatan kirab nasional itu meningkatkan semangat dan hal positif bagi pemuda setempat.

Kirab Pemuda 2018 dibagi dua zona yakni Zona I berangkat dari Sabang dan Zona II mulai dari Merauke. Diikuti 90 peserta terdiri dari perwakilan seluruh provinsi dan 10 organisasi kepemudaan yang akan mengelilingi Indonesia selama 73 hari berakhir di Jakarta pada 13-15 November 2018. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...