Kembangkan Desa Agrowisata, Mekarsari Tanam Melon di Cilacap

Editor: Makmun Hidayat

641

BOGOR — Sebagai bentuk dukungan atas pengembangan desa agrowisata di Desa Madura, Kecamatan Wanareja, Cilacap, Taman Buah Mekarsari melakukan kerjasama dengan Yayasan Damandiri.

Buah melon hasil penanaman petani yang didampingi tim pemuliaan tanaman Mekarsari di Desa Madura, Cilacap – Foto: Istimewa

Setelah melakukan penanaman bibit melon sebanyak 15 ribu tanaman pada Agustus 2018 lalu, Tim Pemuliaan dan Pengembangan Varietas Unggul Melon Mekarsari yang dipimpin oleh Dr. Azis Natawijaya melakukan monitoring demplot Mekarsari SH1 dan SH2 di lokasi penanaman.

Azis menyampaikan bahwa berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukannya bersama dengan Tim Peneliti yang beranggotakan Supervisor Riset Danu Sabda, Supervisor Produksi Agro dan Supervisor Pengembangan Hasil Penelitian, menunjukkan pertumbuhan yang baik.

“Dari Mekarsari mengirimkan satu staf spesialis budidaya melon untuk mendampingi dan mentransfer pengetahuan ke petani-petani di Desa Madura yang menanam melon. Penanaman ini merupakan yang pertama kali bagi petani-petani tersebut. Staf yang kita tugaskan di Desa Madura ini untuk tinggal dan mendampingi itu namanya Adhyatma,” kata Azis kepada Cendana News, Senin (24/9/2018).

Bibit yang digunakan di lahan Desa Madura ini adalah dari jenis SH1 dan SH2 yang merupakan dua varietas unggulan hasil penelitian Tim Pemulia Taman Buah Mekarsari.

“Keunggulan dua varietas ini adalah memiliki pertumbuhan dan umur panen yang cepat, rasa sangat manis dan cocok untuk konsumen zaman now. Di Desa Madura kita menanam di lahan seluas 1 hektar dengan sistem pengairan irigasi,” kata Azis lebih lanjut.

Para petani melon di Desa Madura bersama Tim Mekarsari – Foto: Istimewa

Dari hasil pemantauan pilot project ini, Azis menyatakan bahwa hasilnya cukup bagus dan diperkirakan akan dapat dipanen pada 13-14 Oktober mendatang. Para petani pun terlihat senang dengan adanya program pemberdayaan ini.

Direktur Utama dan pemilik Taman Buah Mekarsari, Ir. Sri Hutami Endang Adiningsih yang karib disapa Mamiek Soeharto, menyatakan bahwa dirinya mendorong agar inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh peneliti Taman Buah Mekarsari dapat berkontribusi semaksimal mungkin untuk memakmurkan petani.

Sementara Ketua Yayasan Damandiri, Dr. Subiakto Tjakrawerdaya mengatakan bahwa kerja sama dalam bidang pengembangan penanaman melon di Desa Madura ini merupakan upaya peningkatan kesejahteraan.

“Penanaman ini merupakan upaya memberdayakan masyarakat desa dan kesejahteraan petani melalui pemanfaatan produk inovasi yang sesuai dengan kondisi lingkungan setempat. Upaya ini diharapkan akan melahirkan petani-petani yang memiliki karakteristik tangguh, sejahtera dan mandiri,” ucapnya.

Baca Juga
Lihat juga...