Kemristekdikti: Perkuat SDM Agar Bisa Bersaing

162
Ilustrasi - Dokumentasi CDN

SEMARANG — Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof Intan Ahmad mengatakan Indonesia harus memperkuat sumber daya manusia agar generasi muda mampu bersaing di era industri 4.0.

“Agar kita bisa bersaing, kita harus belajar,” kata Intan saat menjadi narasumber Festival Riset 2018 Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Diponegoro mewakili Menteri Mohamad Nasir di Semarang, Sabtu (22/9/2018).

Menurut Intan, tantangan bangsa Indonesia ke depan adalah bersaing dengan bangsa lain di era industri 4.0. Masalahnya, geografis dan demografis Indonesia memiliki keunikan karena belum semua wilayah mengalami era 4.0.

Dia mencontohkan masih banyak daerah di wilayah Timur Indonesia yang masyarakatnya belum merasakan revolusi industri 4.0. Bahkan, masih ada yang belum mengalami revolusi 1.0.

“Kalau di Jakarta, Semarang dan kota-kota besar lainnya, kita sudah terbiasa dengan revolusi industri 4.0 ini,” tuturnya.

Intan mengatakan, perkembangan teknologi, terutama teknologi, berlangsung sangat cepat. Komputer misalnya, 45 tahun sebelumnya masih berukuran besar dengan bobot mencapai puluhan ton.

“Komputer sekarang sangat ringan dan kemampuannya sangat cepat,” ujarnya. (T.D018) Baca juga: Revolusi Industri 4.0 buka kesempatan generasi muda kuasai ekonomi digital Baca juga: Menristekdikti: revolusi industri 4.0 tidak bisa dihindari [Ant]

Baca Juga
Lihat juga...