Kepala Daerah Diminta Jaga Tiga Barometer Penilaian Masyarakat

Editor: Mahadeva WS

209

BANDUNG – Kepala daerah tingkat kota dan Kabupaten diharapkan dapat menjaga integritas, profesionilitas dan ikhlas melayani. Ke-tiga sikap itu, menjadi barometer penilaian masyarakat terhadap jalannya pemerintahan.

“Tiga sikap itu akan menjadi penilaian masyarakat terhadap pemerintahan. Sekarang zaman sudab berubah, sudah lebih canggih dan cepat, jadi pemimpin harus ikhlas melayani bukan dilayani,” ungkap Gubernur Jawa Barat Ridwam Kamil usai melantik Walikota Bekasi Rahmad Efendi, bersama lima kepala daerah lainnya, Kamis (20/9/2018).

Kepala daerah tingkat kota dan Kabupaten di Jawa Barat, diharapkan mendukung program pemperintah provinsi, agar kegiatannya dapat tersinkronisasi dengan maksimal. Adapun program yang ditekankan adalah, penyamarataan pelayanan publik, dari tingkat provinsi hingga kota dan kabupaten.

“Konsen pertama antara provinsi, kemudian kota dan kabupaten. Fokus penyamarataan dalam pelayanan. Dan setiap tiga bulan sekali  seluruh kepala daerah se-Jabar, akan berkumpul untuk melakukan evaluasi,” jelas mantan Walikota Bandung tersebut.

Pertemuan evaluasi dengan melibatkan seluruh kepala daerah, sudah disepakati digelar di Kota Bekasi. Pertemuan berikutnya, akan ditentukan lagi daerahnya. Hal itu untuk mencari solusi bersama problem masing masing daerah. Dalam rangka memperbaiki kualitas pelayanan publik, maka program smart city akan segera di sinkronkan dengan pemerintah tingkat Kota dan Kabupaten. Smart city adalah program pelayanan publik, untuk pengaduan dan kendala yang dihadapi masyarakat, dalam pelayanan di daerah masing masing.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melantik enam kepala daerah hasil Pilkada serentak 2018. Ke-enam pasang kepala daerah tersebut, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi-Tri Adhianto, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial-Yana Mulyana, Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Sukabumi Ahmad Fahmi-Andri Setiawan Hamami, Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat Aa Umbara-Hengky Kurniawan, Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika-H Aming terakhir Bupati dan Wakil Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir-Erwan Setiawan.

Pelantikan tersebut menjadi gelombang pertama, dan akan dilakukan pelantikan selanjut pada Desember mendatang, kemudian pelantikan gelombang ketiga pada Maret 2019. “Nanti akan ada pertemuan dengan kepala daerah yang baru dilantik. Akan membahas untuk kemajuan daerah masing masing,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...