Kerusakan Hutan di Lawu Cukup Luas

Editor: Mahadeva WS

212

SOLO – Kebakaran hutan kembali terjadi di Gunung Lawu, Karanganyar, Solo, Jawa Tengah. Kerusakan karena kejadian tersebut dilaporkan cukup luas.

Camat Tawangmangu, Karanganyar, Rusdianto mengungkapkan, kebarakan hutan di Lawu telah menimbulkan kerusakan yang cukup luas. Kebakaran telah menghanguskan sebagian besar sabana, di jalur pendakian melalui Candi Cetho, Karanganyar.

Tak hanya itu, kebarakan juga terjadi di hutan yang berdekatan dengan jalur utama penghubung antara Jawa Tengah dengan Jawa Timur melalui cemoro kandang.  “Dua hari lalu ada hutan yang terbakar, dan lokasinya berada di dekat jalur tembus menuju Magetan Jawa Timur. Beruntung dari gotong royong berbagai potensi yang ada, api bisa dipadamkan,” kata Rusdianto kepada cendana news, Rabu (5/9/2018).

Kerusakan alam yang terjadi di Gunung Lawu, terutama saat kemarau panjang sering terjadi. Kebakaran hutan di Lawu hampir tiap tahun terjadi. Untuk saat ini, telah diintensifkan koordinasi baik dari Perhutani, Pemerintah Kabupaten Karangnyar, BPBD maupun potensi relawan dan pemerhati gunung Lawu. “Menurut informasi, saat ini titik api masih ada. Tapi mengarah ke wilayah Jawa Timur,” tambahnya.

Selain cuaca, cepat membesarnya kebakaran hutan di Lawu juga diakibatkan oleh angin. Kencangnya angin membuat api semakin cepat merambat dan membesar menghanguskan hutan. Kemarau mengakibatkan semak belukar dan ranting daun sangat mudah terbakar. “Untuk antisipasinya kita tekankan untuk tidak membuat api atau meninggalkan api. Terutama bagi pendaki. Kita berikan penekanan terus,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, pendaki maupun pelaku spiritual yang akan naik Gunung Lawu bisa menempatkan diri. Dengan kondisi cuaca panas seperti saat ini, sangat rawan jika meninggalkan api di hutan. “Di Pos pendakian kita juga berikan perhatian khusus agar tidak ada kejadian yang memilukan terulang. Mencegah lebih baik dari pada menanggulangi jika api sudah membesar,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.