Kirab Pemuda Indonesia 2018, Melintasi Pasaman

Editor: Satmoko Budi Santoso

321

PASAMAN – Kirab Pemuda Indonesia 2018 melewati Provinsi Sumatera Barat pada  Jumat (14/9/2018). Kali ini daerah yang dilewati di Sumatera Barat, yakni Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman.

Kirab Pemuda Indonesia 2018 merupakan program unggulan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga pada bidang kepemudaan. Sebelum ke Pasaman, Kirab Pemuda Indonesia melakukan perjalanan 68 wakil pemuda seluruh Indonesia yang melewati seluruh wilayah nusantara, dari Sabang sampai Merauke.

“Suatu kebanggaan bagi daerah Pasaman karena dapat menjadi titik singgah dari Kirab Pemuda Indonesia 2018 ini. Sumatera Barat, dipercaya untuk dilalui. Pasaman menjadikan daerah ini satu-satunya di Sumatera Barat yang dilalui,” Asisten II Bidang Ekonomi dan Kesra Setdaprov Sumatera Barat, Benni Warlis, Jumat (14/9/2018).

Asisten II Bidang Ekonomi dan Kesra Setdaprov Sumatera Barat, Benni Warlis (kiri) bersama Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama (tengah) dan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Faisal Abdullah (kanan) saat melepas balon pertanda berhentinya Kirab Pemuda Indonesia di daerah Pasaman/Foto: M. Noli Hendra

Disebutkanya, Kirab Pemuda merupakan perjalanan pemuda menjelajahi nusantara. Dibagi ke dalam dua tim yang bergerak melintasi zona Barat dan Timur. Zona Barat akan dimulai dari Sabang pada 5 September, sementara zona Timur akan mulai dari Merauke pada 7 September, dan titik puncak pertemuan di Jakarta.

“Untuk itu, kita berharap Kirab Pemuda yang merupakan perjalanan pemuda dalam mengelilingi nusantara dapat menjadi motivasi pemuda dalam mengembangkan potensi yang ada. Terlebih pemuda merupakan generasi penerus bangsa,” katanya.

Selain itu, Kirab Pemuda dapat meningkatkan rasa nasionalisme pemuda. Terlebih, berkumpulnya pemuda akan membangkitkan rasa kebersamaan.

“Kebersamaan pemuda ini sudah lahir sejak dahulu. Kala itu pemuda sangat aktif bersama-sama dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Maka, dari Kirab Pemuda ini nanti akan lahir pemuda-pemuda generasi penerus yang akan selalu menjaga keutuhan bangsa,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Barat, Adib Alfikri menyebutkan, Kirab Pemuda yang merupakan perjalanan seluruh pemuda se-Nusantara juga diikuti oleh perwakilan dari Sumatera Barat.

“Untuk mengikuti Kirab Pemuda Indonesia 2018 ini, pesertanya juga terdiri dari pemuda yang berasal dari Sumateraa Barat, ada dua perwakilan yakni, Engga Probi Ebndri dari Kabupaten Tanah Datar dan Milla Fadhila Rahmi dari Kabupaten Agam,” katanya.

Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama mengatakan, sebagai lokasi singgah Kirab Pemuda, Pemkab Pasaman telah menyiapkan sejumlah kegiatan yang mulai digelar dari tanggal 13-17 September 2018.

“Kegiatan yang akan dilaksanakan di antaranya, pembukaan kirab, pawai budaya kreatif pemuda, gala pemuda, deklarasi pemuda, pentas seni budaya pemuda, bakti sosial pemuda, kunjungan ke media lokal, seminar teknologi informasi, festival karya literasi pemuda dan berapa kegiatan lain yang mengangkat kearifan lokal,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Faisal Abdullah menyebutkan, bahwa Kirab Pemuda merupakan salah satu upaya Kemenpora untuk meningkatkan partisipasi pemuda dari segala sektor. Baik itu bidang ekonomi, sosial, kewirausahan dan politik.

“Maka, untuk itu dari Kirab Pemuda akan lahir pemuda yang memiliki kualitas. Memiliki potensi yang dapat membangun bangsa ke depan. Akan menjadi satu kekuatan besar Indonesia,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...