KPU: Empat Caleg DPRP Tidak Memenuhi Syarat

295
Ilustrasi - Dok. CDN

JAYAPURA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menyatakan empat dari total 792 orang bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), tidak memenuhi syarat (TMS).

“Keempat orang bacaleg yang dinyatakan TMS itu diusung Partai Berkarya dua orang, dan Partai Garuda dan PKS masing masing satu orang,” kata Komisioner KPU Provinsi Papua Tarwinto, di Jayapura, Sabtu (22/9/2018).

Ia mengatakan empat bacaleg yang TMS itu disebabkan berbagai faktor di antaranya belum adanya surat pengunduran diri dari DPRP dan MRP, serta ada caleg yang mengundurkan diri setelah ditetapkan dalam daftar calon sementara (DCS.

Dengan demikian, sebanyak 788 orang bacaleg ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT) caleg yang akan ikut dalam pemilu legislatif 2019 guna memperebutkan 55 kursi di DPRP.

Pemilu legislatif 2019 di Papua akan diikuti 20 partai politik dan yang terbanyak mengajukan caleg yakni Partai Demokrat, Perindo, Gerindra dan PLB, masing masing 55 orang.

Sedangkan partai yang menyertakan caleg paling sendikit yaitu PBB tercatat 36 caleg, menyusul PPP sebanyak 39 caleg.

Ketika ditanya tentang caleg yang pernah terlibat kasus korupsi, Tarwinto mengatakan untuk DPRP tercatat satu orang mantan narapidana kasus korupsi.

“Untuk DPRP hanya satu calon yang mantan napi kasus korupsi yakni dari PKB yang akan bertarung di dapil II,” kata Tarwinto. [Ant]

Baca Juga
Lihat juga...