Lansia Produktif di Gianyar Dapatkan Bantuan Mesin Perajangan

Editor: Satmoko Budi Santoso

123

GIANYAR – Guna melindungi, membina, dan memberdayakan lansia khususnya lansia, Dinas Sosial Kabupaten Gianyar serahkan alat perajangan serba guna kepada lansia produktif. Setidaknya dalam acara tersebut, ada 7 mesin yang diserahkan Kadis Sosial kepada lansia di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, Kamis (13/9/2018).

Kepala Dinas Sosial, I Made Watha menjelaskan, penyerahan mesin perajangan merupakan suatu bentuk nyata pemerintah Kabupaten Gianyar dalam upaya melindungi dan memberdayakan lansia.

“Penyerahan mesin ini merupakan bentuk nyata dalam upaya memberdayakan dan melindungi para lansia. Disamping itu juga dimaksudkan agar para lansia produktif dapat meningkatkan pendapatan,” ujar Made Watha.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gianyar I Made Watha (dua dari kiri baju merah) sedang menyerahkan bantuan mesin rajang kepada masyarakat.-Foto: Sultan Anshori.

Dilanjutkannya bahwa berkaitan dengan peningkatan taraf hidup masyarakat, pemerintah akan selalu mendorong, membina dan memberdayakan. Made Watha juga meminta Petugas Sosial Masyarakat (PSM) agar terus memantau bantuan yang diberikan pemkab kepada masyarakat.

“Kepada para PSM agar terus memantau bantuan yang diberikan pemkab kepada masyarakat agar bantuan yang diberikan tersebut benar-benar dimanfaatkan dan digunakan untuk meningkatkan pendapatan,” imbuh Made Watha.

Harapannya, semoga bantuan yang diserahkan dapat bermanfaat dan membantu masyarakat. Sehingga dengan memanfaatkan alat yang diberikan para lansia memiliki keterampilan untuk meningkatkan pendapatannya.

Wayan Darta, salah seorang penerima bantuan alat perajangan, mengaku senang atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Dinas Sosial. Wayan berharap bantuan tersebut tidak berhenti, melainkan ada bantuan lain sehingga membantu pengusaha kecil.

“Intinya kami bersyukur, Mas,” kata Wayan Darta.

Dalam acara tersebut, lansia juga diajarkan mengenai tata cara penggunaan mesin. Tampak antusias lansia sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan tersebut. Mesin perajangan serba guna yang dibagikan Dinsos dapat digunakan sebagai pemarut kelapa, penggiling daging, perajang bumbu, pemotongan nangka dan papaya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.