Liverpool Pecundangi Spurs di Wembley

Editor: Satmoko Budi Santoso

346
Liverpool vs Spurs - Foto Ist

LONDON – Liverpool melanjutkan tren positif di Liga Primer musim 2018-2019 dengan memecundangi Tottenham Hotspur di Stadion Wembley. The Reds menyudahi perlawanan The Lilywhites dengan skor tipis 2-1. Hasil ini mengokohkan posisi The Reds di puncak klasemen sementara.

Dua gol Liverpool yang dipersembahkan Georginio Wijnaldum dan Roberto Firmino mengantar klub Merseyside mengemas lima kemenangan dari lima laga yang telah dilalui. Tuan rumah hanya sanggup mencetak gol hiburan di pengujung laga melalui Erik Lamela.

Meski tampil di kandang Spurs, Liverpool tampil meyakinkan sejak awal. Skuad asuhan Jurgen Klopp langsung menguji pertahanan The Lilywhites melalui Firmino. Kecerobohan di sektor pertahanan juga membuat Liverpool memiliki peluang melalui Mohamed Salah.

Namun sayang tembakan langsung yang dilepaskannya belum membuahkan hasil. Mousa Dembela membuat Mane memiliki peluang lain bagi The Reds, beruntung masih bisa diganggu Toby Alderweired sehingga tembakannya tidak cukup memberi ancaman bagi kiper Spurs, Michel Vorm.

Kiper asal Belanda itu sempat melakukan beberapa penyelamatan. Namun kelemahan di bola atas membuat Liverpool dengan leluasa mengeksploitasi. Puncaknya saat Vorm menghalau bola hasil sepak pojok James Milner. Bola kemudian disambut Wijnaldum melalui sundulan kepala dan mengantar The Reds leading 1-0 menit 39.

Lucas Moura menjadi satu-satunya penyerang Spurs yang bisa memberi peluang bagi The Reds. Meskipun hingga turun minum tidak ada lagi tambahan gol yang tercipta. Alih-alih menyamakan skor, Spurs justru kembali kebobolan pada menit 54.

Roberto Firmino membuat suporter tuan rumah terdiam setelah berhasil mengonversi bola rebound menjadi gol kedua The Reds di Wembley. Perubahan strategi dilakukan Mauricip Pochettino. Namun mengubah komposisi lini tengah justru membuat Mohamed Salah dan Sadio Mane lebih leluasa bergerak.

Sayang, kondisi itu tidak dapat dimanfaatkan dengan baik. Sebaliknya, Spurs membuka sedikit harapan di 10 menit akhir laga. Erik Lamela melepas tembakan yang masih melebar sedangkan Harry Kane melepas sundulan yang masih bisa digagalkan Alisson Becker.

Di masa injury time Lamela akhirnya memberi gol hiburan bagi tuan rumah. Pada menit 93, Lamela mengontrol bola hasil sepak pojok dengan dadanya sebelum meneruskannya dengan tendangan voli dari sudut sempit. Bola gagal dihalau Alisson namun tidak cukup untuk menghindarkan Spurs dari kekalahan.

Starting XI
SPURS: Vorm; Trippier, Alderweireld, Vertonghen, Rose; Dier, Dembele,
Winks, Eriksen; Moura, Kane

LIVERPOOL: Alisson; Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Robertson;
Wijnaldum, Milner, Keita; Mane, Salah, Firmino

Baca Juga
Lihat juga...