Mahasiswa Diharap Ber-mindset Pengusaha

Editor: Koko Triarko

1.457
BANJARMASIN – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel, Hermansyah, berharap mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari setelah menjadi sarjana bisa berpikir menjadi seorang wirausaha dan bukan pekerja.
Hal tersebut diungkapkannya saat mewakili Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, memberikan materi pada Stadium General Pembukaan Kuliah Tingkat Universitas Tahun Akademik 2018-2019, Senin (3/9/2018), di Auditorium UIN Antasari Banjarmasin.
“Kita semua mengetahui, tiap tahunnya lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta terus mengalami penurunan. Melihat kenyataan itu, hendaknya mahasiswa tidak berpikir pesimis, namun kreatif dengan menjadi seorang pengusaha dan menciptakan lapangan kerja,” tegasnya.
Menurutnya, untuk menjadi seorang mahasiswa yang kreatif bisa dimulai dengan bersungguh-sungguh dalam belajar, terus berusaha meningatkan kemampuan diri melalui pelatihan dan berorganisasi, hingga menjauhi pergaulan bebas serta narkoba.
“Kalau ini bisa konsisten dilakukan, saya meyakini akan banyak mahasiswa di UIN Antasari yang mampu menghasilkan karya membanggakan bagi kampus, bahkan membuka lapangan kerja bagi orang lain,” tambahnya.
Menjadi seorang pengusaha di era digital sekarang, menurutnya, tidaklah sulit. Hanya saja, memang diperlukan sebuah kreativitas yang bagus dan unik, agar bisnis yang dirintis bisa berkembang dan memberikan banyak manfaat bagi orang lain.
“Kalau banyak nantinya sarjana UIN Antasari yang menjadi pengusaha, maka tentu akan membuat Pemprov Kalsel terbantu sekali. Utamanya dalam mengurangi angka pengangguran di sektor informal,” ungkapnya.
Sementara itu, Rektor UIN Antasari, Prof. DR. H Mujiburrahman, menambahkan, kini UIN Antasari terus berbenah dalam mendorong mahasiswanya setelah lulus sarjana, agar bisa ber-maindset menjadi seorang pengusaha, bukan hanya menjadi pekerja.
Salah satu caranya adalah memaksimalkan peran lembaga Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan yang dimiliki oleh UIN Antasari, untuk melatih para mahasiswa agar memiliki keterampilan sosial dan wirausaha hingga jaringan kerja.
“Lembaga ini juga akan melibatkan para alumni untuk terlibat di dalamnya. Jadi, tentu akan sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan para mahasiswa yang ingin bekerja atau berwirausaha, setelah mereka menjadi sarjana melalui lembaga tersebut,” tuturnya.
Kegiatan Stadium General merupakan agenda rutin tiap tahunnya yang dilakukan oleh UIN Antasari, untuk memberikan motivasi bagi mahasiswa baru, agar lebih semangat menuntut ilmu dengan menghadirkan berbagai pemateri yang kompeten di bidangnya.
“Bukan hanya para pejabat, tidak jarang kita juga mengundang para tokoh masyarakat hingga pengusaha untuk berbagi inspirasi kepada para mahasiswa baru yang akan menumpuh pendidikan di UIN Antasari,” pungkasnya.
Baca Juga
Lihat juga...