Makan Buah Sawo Hitam, Serasa Makan Puding Coklat

Editor: Satmoko Budi Santoso

273

JAKARTA – Sawo merupakan salah satu tanaman khas Indonesia yang menjadi kegemaran. Tak sedikit orang, menunggu datangnya musim buah yang memiliki daging buah berwarna cokelat dengan rasa manis dan buah berair.

Tapi, ternyata negara-negara Amerika Latin juga memiliki buah sawo juga. Namanya Sawo Hitam. Pertama kali masuk ke Indonesia, sekitar 10 tahun lalu.

Manager R&D Taman Buah Mekarsari, Azis Natawijaya, M.Si memaparkan, sawo hitam atau Diaspyros digyna (sinonim dengan Diaspyros nigra) memiliki bentuk seperti tomat dan kulitnya berwarna hijau. Jika dibuka, baru kelihatan daging buahnya yang berwarna cokelat agak kehitaman dengan beberapa biji.

“Berbeda dengan sawo yang ada di Indonesia, Sawo Hitam ini memiliki daging buah yang rasanya seperti puding coklat. Buah ini bisa langsung dimakan, seperti sawo biasa. Saat matang, Sawo Hitam bisa dimakan dengan cara mengerok daging buahnya, seperti kalau kita memakan alpukat,” kata Azis, saat ditemui, Rabu (12/9/2018).

Pohon Sawo Hitam yang ditanam di drum – Foto Ranny Supusepa

Azis menyampaikan, sawo hitam tidak sekeluarga dengan sawo. Sawo hitam berkerabat dengan kesemek. Buah ini memiliki bobot satuan sekitar 700 gram dengan diameter buah mencapai 5-15 cm dan pohon Sawo Hitam bisa mencapai 10-25 meter.

“Tanaman ini dapat tumbuh baik di daerah dengan suhu tropis hingga subtropis. Akan mulai berbuah, saat umur tanaman sekitar 2 tahun,” ucap Azis.

Diakui Azis bahwa buah sawo hitam belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Padahal, buah ini memiliki potensi bisnis yang bagus.

“Selain enak dimakan mentah, Sawo hitam ini juga bisa diolah menjadi minuman, es krim maupun kue. Seharusnya, ya sawo ini bisa menjadi salah satu alternatif pangan di Indonesia,” katanya.

Di Taman Buah Mekarsari, Sawo Hitam diperbanyak dengan sistem grafting atau sambung pucuk. Penjualannya mampu mencapai 100 bibit per tahun.

“Bibit sawo hitam ini banyak dicari orang. Taman Buah Mekarsari sendiri menjual dengan harga Rp200-Rp500 ribu untuk ukuran sedang dan Rp3,5 juta untuk yang di drum besar,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...