Maksimalkan Pelayanan, 30 Kader Posyandu Jatiasih Dapat Upskill

Editor: Mahadeva WS

429

BEKASI – Kader Posyandu di kelurahan Jatiasih, Kota Bekasi mendapatkan pelatihan peningkatan kemampuan pelayanan kesehatan. Pelatihan diberikan oleh PT. Asuransi Tugu Pratama Indonesia, melalui Rumah Sakit Pertamina Jaya Cempaka Putih.

Pelatihan yang dilakukan di halaman kantor kelurahan setempat berlangsung dua hari mulai Rabu (12/9/2018). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari tanggungjawab sosial dan lingkungan dari PT. Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk, selaku anak Perusahaan dari Pertamina, bersinergi dengan RS Pertamina Jaya.

“Ini merupakan bagian dari rangkaian Corporate Social Resposibility (CSR) dari PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. Dengan menunjuk RS Pertamina Jaya, sebagai pelaksana di lapangan. Sebelumnya kegiatan serupa juga dilakukan di Kelurahan Bantargebang Kota Bekasi,” papar Pengawas Humas Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Muhidi Mahmud.

Menurutnya, banyak kader Posyandu di Kelurahan Jatiasih, saat melaksanakan tugas belum dibekali dengan keahlian medis yang memadai. Melalui kegiatan tersebut kader posyandu akan mendapatkan pembelajaran teknik pijit bayi, teori senam hamil yang benar, gizi anak dan inisiasi pentingnya menuyusui anak sampai batas maksimal.

kader posyandu di Kelurahan Jatiasih mendapat meteri upakill dari dr umum RS Pertamina Jaya – Foto M Amin

Dengan kemampuan yang dimiliki, diharapkan para kader bisa membantu peningkatan kualitas kesehatan ibu hamil, dan mengurangi tingkat kematian ibu hamil dan bayi. Dengan target, kader Posyandu bisa melayani lebih maksimal untuk membantu kesehatan ibu hamil dan anak di tempat masing masing.

Dari 30 kader Posyandu yang mengikuti upskill dapat memberikan pelatihan kepada kader psoyandu yang tidak bisa ikut dalam kegiatan upskill. “Saat ini baru bisa menampung 30 kader Posyandu di kelurahan Jatiasih. Diharapkan kader yang ikut upskill dapat memberi pelatihan rekan lain di tempat masing masing,” tambahnya.

Selain kepada 30 kader posyandu, pelatihan juga diberikan kepada 200 orang dari Pos  Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM). Mereka mendapat penjelasan dari dokter umum Rumah Sakit Pertamina Jaya, terkait budaya sehat dan gizi.

Lurah Jatiasih, Sekum Nugroho mengatakan, jumlah kader Posyandu di Kelurahan jatiasih ada 289 orang. Sedangkan jumlah Posyandu ada 30, yang berlokasi di masing- masing RW dan RT. “Saya sangat berterimakasih atas kepedulian PT Asuransi Tugu Pratama indonesia Tbk. Karena mau memusatkan CSR dengan memberi upskilling kepada kader Posyandu di kelurahan Jatiasih. Ini sangat positif untuk tambahan ilmu medis di kelurahan,” tegas Sekum.

Baca Juga
Lihat juga...