Masyarakat Korban Gempa Minta Pembangunan Huntara Segera Terealisasi

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

221

LOMBOK — Jelang memasuki musim hujan, masyarakat korban gempa yang saat ini masih menempati tenda pengungsian di sejumlah titik berharap supaya pembangunan rumah Hunian Sementara (Huntara) bisa segera terealisasi.

“Sebentar lagi memasuki musim hujan, karena itu pembangunan Huntara yang dijanjikan pemerintah bisa segera terealisasikan di semua kawasan terdampak gempa” kata Subuh, Warga Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Kamis (6/9/2018).

Subuh, Warga Korban gempa, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat. Foto: Turmuzi

Menurutnya, meski pembangunan Huntara yang dijanjikan pemerintah telah dimulai, tapi belum semua wilayah terdampak gempa tersentuh pembangunan.

Padahal musim hujan sebentar lagi tiba, kalau masih tetap berada di tenda dengan beralaskan tanah, saat hujan pasti tergenang.

“Karena itu pembangunan Huntara sangat dibutuhkan masyarakat bisa dibangunkan segera, supaya bisa berlindung dari kedinginan dan genangan air saat musim hujan tiba,” katanya.

Suhaeriah warga lain mengaku, jangankan dibangunkan Huntara, pembersihan material reruntuhan bangunan permukiman yang rusak akibat gempa saja belum dilakukan pemerintah. Sebagian warga terpaksa membersihkan sendiri secara manual.

Dikatakan, alat berat memang pernah datang, tapi hanya sampai merobohkan bangunan saja.

“Hanya dirubuhkan saja, makanya warga bersihkan sendiri material yang ada dan sebagian warga telah membangun hunian sendiri dari kayu bangunan rumah yang rusak,” terangnya.

Baca Juga
Lihat juga...