Melon Hibrida dan Aneka Buah Langka di Mekarsari

Editor: Satmoko Budi Santoso

1.107

JAKARTA – Mekarsari merupakan tempat beraneka macam ragam buah dari Sabang sampai Merauke ada. Tidak hanya itu, Mekarsari juga membudidayakan buah-buah lokal yang jauh lebih baik dan bagus dari buah mancanegara.

Dede Nurman, Komunikasi Pemasaran Taman Buah Mekarsari menceritakan, Taman Buah Mekarsari membudidayakan berbagai jenis buah langka dan tanaman unik lainnya. Seperti di antaranya jeruk jari budha, bunga bangkai terkecil di dunia, salak ktut, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, melon hibrida yang menjadi buah unggulan Mekarsari dalam 12th Agrinex Expo mendapatkan apresiasi yang begitu tinggi karena rasanya yang sangat manis, krispi, dan ukurannya yang kecil. Mudah dibawa para pengunjung yang hadir memenuhi hall Jakarta Convention Center (JCC).

Kebun Melon – Foto Koleksi TBM

“Kehadiran buah unggulan, berbagai jenis buah langka dan tanaman unik di stand Taman Buah Mekarsari menarik perhatian banyak pengunjung Agrinex Expo 2018. Terutama melon hibrida Mekarsari MKS SH1 dan MKS SH2 yang dapat dipetik langsung dari green house melon Mekarsari di Agrinex Expo 2018,” jelas Dede, Sabtu (8/9/2018).

Dede menjelaskan, sebab melon hibrida Mekarsari SH1 dan SH2 begitu banyak peminat. Itu merupakan dua varietas melon hibrida F1 hasil rakitan Tim Pemulia Taman Buah Mekarsari. Melon SH1 dan SH2 merupakan hibrida silang tunggal yang dirakit sebagai varietas melon eksotik.

Keunggulan kedua varietas ini yaitu memiliki umur panen yang sangat cepat dan lebih cepat dibanding melon varietas Apollo, Kinanti, dan Madesta.

Aneka buah langka di Taman Buah Mekarsari – Foto Koleksi TBM

Melon SH1 memiliki karakteristik bentuk buah oval, sedangkan SH2 berbentuk bulat. Melon SH1 dan SH2 memiliki warna kulit buah yang relatif sama, yaitu kuning menyala dan berdaging buah oranye. Namun memiliki tekstur daging buah yang berbeda.

Daging buah melon hibrida Mekarsari SH1 memiliki daging buah yang tebal, rasanya manis, lembut, dan berair serta berwarna oranye. Untuk melon hibrida Mekarsari SH2 warna daging buahnya sama oranye. Perbedaannya di tekstur daging buah, lebih garing, renyah, manis, dan memiliki sedikit air.

Selain itu, keduanya mampu menghasilkan 2 buah dalam satu tanaman, rasa manis buahnya bisa mencapai 16 brix, dan bobot buahnya 0.8 – 1.2 kg/buah.

“Tujuan Mekarsari berada di ajang Agrinex Expo 2018 untuk membangun dan memperkenalkan buah-buahan Indonesia kepada masyarakat luas bahwa di Mekarsari semua buah-buahan Indonesia itu ada. Baik yang langka maupun yang sudah ada atau sudah banyak diketahui masyarakat luas. Salah satu buah langka dan hampir punah yang ada di Mekarsari yakni manggis hutan, bisbul, dan masih banyak lagi,” ucapnya.

Rita Subowo Ketua KONI (kiri) dan Mamiek Soeharto – Foto Ist/Koleksi TBM

Dede mengatakan bahwa sebanyak 15 buah langka diperkenalkan dalam pagelaran Agrinex Expo 2018. Selebihnya buah-buahan seperti jeruk, nangka, mangga, dan tentunya melon hibrida. Kurang lebih sebanyak 40 aneka ragam buah diperkenalkan.

Antusias warga baik dari Jakarta maupun luar Jakarta cukup tinggi untuk berkunjung ke pameran buah Mekarsari. Banyak peminat karena hampir sebagian besar pengunjung banyak yang belum mengetahui ragam buah yang ternyata merupakan buah asli dari Indonesia.

“Setiap pohon buah ada tim yang akan menjelaskan ke pengunjung perihal cikal bakal pohon atau buah tersebut. Banyak yang ingin mencoba buah-buahan itu. Namun karena keterbatasan untuk pameran sehingga dibatasi. Untuk pembelian melon hibrida pun juga dibatasi. Kemungkinan di hari terakhir, Minggu ini, tidak akan dibatasi,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.