Melon Hibrida, Si Mungil yang Bikin Ketagihan

Editor: Makmun Hidayat

939

JAKARTA — Taman Buah Mekarsari merupakan tempat beraneka ragam buah dari sabang sampai merauke ada. Tidak hanya itu, Mekarsari juga membudidayakan buah-buah lokal yang jauh bagus dari buah mancanegara. Salah satunya, Melon Hibrida SH1 dan SH2, produk unggulan lokal.

Dede Nurman, Marketing Komunikasi Taman Buah Mekarsari menceritakan kepada Cendana News, Melon Hibrida Mekarsari SH1 dan SH2 merupakan dua varietas Melon Hibrida Varietas utama (F1) hasil rakitan Tim Pemulia Taman Buah Mekarsari (TBM).

Melon SH1 dan SH2 merupakan hibrida silang tunggal yang dirakit dari persilangan antar galur-galur elit Mekarsari. Galur-galur elit Mekarsari dihasilkan melalui serangkaian seleksi yang ketat, yang dimulai sejak tahun 2000-an. Dari hasil persilangan itulah Melon Hibrida Mekarsari SH1 dan SH2 sebagai varietas melon eksotik.

Keunggulan kedua varietas tersebut, yaitu memiliki umur panen yang sangat cepat dan lebih cepat dibanding melon varietas Apollo, Kinanti, dan Madesta, yakni 75 hari setelah tanam. Keunggulan lain dari Melon Hibrida Mekarsari SH1 dan SH2 mampu menghasilkan 2 buah pada satu tanaman, dengan memiliki rasa sangat manis, kulit buah dan daging buah yang begitu eksotik, renyah, berwarna kuning dan berwarna oranye.

Untuk membedakan Melon Hibrida Mekarsari SH1 dan SH2, Melon SH1 memiliki karakteristik bentuk buahnya oval, bulat dan agak lonjong, sedangkan SH2 berbentuk bulat. Adapun kesamaan Melon SH1 dan SH2 terdapat pada warna kulit buahnya yang berwarna kuning menyala dan berdaging buah oranye, namun memiliki tekstur daging buah yang berbeda.

Daging buah Melon Hibrida Mekarsari SH1 memiliki daging buah yang tebal, rasanya manis, lembut, dan berair, serta berwarna oranye, sedangkan untuk Melon Hibrida Mekarsari SH2 warna daging buahnya sama oranye namun letak perbedaannya di tekstur daging buahnya lebih garing, renyah, manis, dan memiliki sedikit air.

Keunggulan lain dari Melon Hibrida Mekarsari SH1 dan SH2 diantaranya rasa manis buahnya itu bisa mencapai 15 sampai 21 Brix (ukuran tingkat kemanisan).

“Untuk bibit Melon Hibrida Mekarsari SH1 dan SH2 ini baru akan keluar pada bulan Oktober nanti, dan memang sudah banyak yang menanyakan bibit tersebut. Untuk saat ini masyarakat hanya bisa menikmati Melon tersebut dengan harga perbutirnya 40ribu,” jelas Dede Nurman, pada Sabtu (08/09/2018).

Lihat juga...

Isi komentar yuk