Mencicipi Lezatnya Teri Kacang Goreng ala Sikka

Editor: Satmoko Budi Santoso

150

MAUMERE – Potensi ikan teri di Kabupaten Sikka sangat melimpah. Harganya pun tergolong murah. Satu kilogram ikan teri berbagai ukuran dijual dengan harga Rp70.000 di Pasar Alok dan beberapa pasar di Kota Maumere termasuk di TPI Alok.

“Sayang kalau ikan teri tidak diolah menjadi hidangan yang enak dan lezat serta memiliki nilai jual yang bagus. Ikan teri di Sikka pun ada berbagai ukuran, baik kecil, sedang, maupun besar serta jenis ikannya berbeda,” ungkap Mikaela Rosamanda Kondi, pemilik usaha kuliner, Sabtu (1/9/2018).

Dikatakan Ocha, di beberapa warung makan di Kota Maumere memang jarang yang menyajikan masakan ikan teri. Namun biasanya di acara-cara pesta atau kegiatan pemerintahan maupun swasta, masakan ikan teri relatif ada dengan padanan makanan lokal seperti ubi, singkong dan pisang rebus.

Mikaela Rosamanda Kondi salah seorang wirausaha kuliner di kota Maumere. Foto : Ebed de Rosary

“Yang paling sering dikonsumsi dan diminta untuk disajikan adalah masakan ikan teri kacang goreng. Pembuatannya tidak terlalu rumit. Bahan-bahannya pun mudah diperoleh di sekitar kita,” ungkapnya.

Maria W. Parera, warga kota Maumere lainnya yang biasa menghidangkan masakan ikan teri kacang goreng membeberkan, dalam membuat masakan tersebut, bahan-bahan yang dipergunakan adalah ikan teri, minyak goreng, serta kacang tanah kering yang sudah dikupas kulitnya.

“Pertama-tama ikan teri direndam di air panas terlebih dahulu. Agar empuk lalu ditiriskan airnya hingga kering. Kacang tanah pun direndam di air dan dikupas kulitnya. Lalu ditiriskan airnya, dijemur hingga kering, dan tidak ada lagi kadar air,” tuturnya.

Bumbu-bumbu yang dipergunakan, sebut Maria, yakni bawang merah secukupnya, bawang putih, cabai keriting, cabai besar dan tomat. Semua bumbu tersebut dihaluskan terlebih dahulu. Lalu ditumis menggunakan minyak goreng, ditambahkan kecap manis secukupnya, sambil diaduk hingga merata.

“Setelah bumbu-bumbu tersebut ditumis hingga harum, masukkan kacang tanah dan ikan teri yang telah digoreng sambil terus diaduk hingga merata. Lalu dimasukkan penyedap rasa secukupnya. Sesudah matang dan bumbunya terserap, baru diangkat,” ungkapnya.

Maria menambahkan, paling enak ikan teri kacang goreng dihidangkan dengan makanan lokal yang direbus seperti ubi, pisang, maupun singkong. Dilengkapi juga dengan sambal terasi sesuai dengan selera orang yang mencicipi.

“Ada juga kacang tanah. Tidak dikupas kulit arinya dan digoreng. Namun ada juga yang mengupas kulit arinya. Hanya saja rasanya tetap sama. Ada juga yang minta agar rasanya pedas sekali. Namun semua itu tergantung selera orang yang menyantap,” pungkasnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.