Menhub Minta SDM Transportasi Berikan Pelayanan Maksimal-Berkeselamatan

Editor: Makmun Hidayat

145

JAKARTA — Sektor perhubungan memiliki peranan  strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Sehingga SDM transportasi dituntut memperkuat komitmen untuk memberikan kerja nyata dalam rangka mewujudkan transportasi yang aman, selamat dan nyaman.

Demikian ditegaskan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, saat membuka langsung pelatihan Reform Leadership Training bagi para pejabat administrator, pengawas dan fungsional di lingkungan Kementerian Perhubungan di ruang Nanggala Kementerian Perhubungan pada Senin (10/9/2018).

Melalui pelatihan ini, Menteri Perhubungan berharap para peserta yang terpilih dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali ilmu dan pengetahuan praktis yang nantinya harus ditunjukkan dengan wujud nyata melalui inovasi untuk meningkatkan pelayanan publik, reformasi birokrasi serta menjadi aparatur perhubungan yang berkarakter kuat, berwawasan kebangsaan dan memiliki perspektif global untuk terwujudnya pemerintahan berkelas dunia.

Lebih lanjut, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Umiyatun Hayati Triastuti, menjelaskan training ini diselenggarakan guna mempersiapkan kader pimpinan yang berkelas dunia sebagai agen perubahan dengan kemampuan entrepreneur dan memiliki kapasitas sebagai leader yang transformasional.

“Tujuan diadakannya reform leadership training ini untuk membentuk sosok pemimpin aparatur yang berkualitas untuk mendorong inovasi pelayanan publik, peningkatan kualitas pelayanan publik serta peningkatan kualitas reformasi birokrasi serta mengembangkan insan perhubungan yang berkarakter kuat, berwawasan kebangsaan, memiliki perspektif global dan berkompeten”, Ungkap Hayati.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 228 peserta yang terdiri dari 200 orang pejabat administrator, pengawas dan fungsional hasil talent scouting di lingkungan Kementerian Perhubungan serta 28 orang usulan dari Sekretaris Jenderal.

Kegiatan yang dilaksanakan dari 10 September hingga 5 November 2018 itu dibagi dalam beberapa angkatan yang dilaksanakan di dua lokasi yaitu BP3IP Jakarta dan Poltekpel Surabaya. Dengan narasumber dan tenaga pengajar dari Monash University, perusahaan nasional dan tenaga ahli dari rumah perubahan serta narasumber internal dari kementerian perhubungan.

Baca Juga
Lihat juga...