Menhub Siap Keluarkan Aturan Baru Transportasi Online

Editor: Mahadeva WS

160
Menhub Budi Karya Sumadi - Foto Sofiyah Prilestari

JAKARTA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjanjikan peraturan terbaru mengenai transportasi online, akan dikeluarkan dalam waktu kurang dari seminggu ke depan. Hal itu menjadi respon dari dicabutnya Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No.108/ 2017.

Salah satu kewajiban pemerintah adalah, memberikan kepastian hukum, termasuk dalam persoalan nasib transportasi online. Perlu segera diberikan solusi, agar pasca dicabutnya Permenhub No.108/2017 oleh MA, tidak ada kekosongan payung hukum. “Sebagai bagian dari rakyat Indonesia, bagian dari institusi, akan tunduk pada peraturan itu. Bahwa bagaimana kami menindaklanjuti, kami sedang pelajari dan insyaallah kurang dari satu minggu kami bisa memberikan rekomendasi,” ungkap Budi Karya, Jumat (14/9/2018).

Budi menyebut, semua stakeholder transportasi, khususnya yang online, mempunyai kesempatan yang sama dengan pemain-pemain yang non online. Kesetaraan disebutnya, akan tetap dijaga.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menyebut, pihaknya sudah menyiapkan draft aturan terbaru pengganti Permenhub 108, yang saat ini masih dalam proses pematangan. Draft aturan baru sudah selesai, dan tinggal dibahas dengan para stakeholder terkait.

Diharapkan aturan yang baru bisa segera selesai dalam waktu dekat. Permenhub 108 akan dicabut, setelah aturan yang baru siap diterbitkan. Hal itu bertujuan agar tidak ada kekosongan payung hukum dalam mengatur taksi online. “Ya sampai selesai secepatnya. Draftnya sudah siap, tinggal saya bahas dengan yang lain, stakeholder lain,” sebutnya.

Lihat juga...

Isi komentar yuk