Menikmati Indahnya Pantai Bidadari di Ujung Kota Batam

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

204

BATAM — Kota Batam Provinsi Kepri selain terkenal dengan sebutan kota industri juga mendapat julukan bandar madani yang menawarkan keindahan alam, seperti pantai-pantainya yang memiliki pasir putih.

Salah satunya Pantai Bidadari, Galang Baru, Galang, Kota Batam. Pantai ini berada di ujung pulau Batam, tepatnya jembatan Enam Barelang (Batam Rempang Galang).

Dari pusat Kota Batam dibutuhkan waktu tiga jam perjalanan. Melewati beberapa pulau yang dihubungkan oleh setiap jembatan dan sepanjang perjalanan, waktu yang dihabiskan akan dibayar lunas oleh keindahan pemandangan.

Pertama, harus melewati jembatan Barelang, icon paling terkenal di Kota Batam. Dilanjutkan pulau yang lain dihubungi oleh jembatan dua hingga ke jembatan enam. Enam jembatan itu merupakan akses untuk sampai ke pulau lain, sehingga patut disebut pantai Bidadari berada di ujung Kota Batam.

Pantai ini memiliki pasir putih yang membentang. Pohon-pohon rindang tersusun rapi di sepanjang pantai. Begitu juga desir ombak yang menghempas batu karang. Belum telihat pemukiman warga di sekitar pantai dan masih jarang dikunjungi.

Selain jauh, akses menuju pantai dari jalan utama cukup melelahkan. Pengunjung harus melintasi buki-bukit, jalan tanah dan berlobang. Untuk ke lokasi dari jalan utama, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Beberapa pengunjung mengaku tersanjung dengan pantai bidadari. Pantainya masih alami, terutama tidak ada sampah yang berserakan.

“Sangat indah, kalau pantai lain sudah ramai sekali dan banyak sampah,” kata Arif Kurniawan salah seorang pengunjung.

Arif penasaran untuk mengunjungi setelah mendapatkan infotmasi dari temannya.

“Kawan yang bilang, katanya disini masih alami, ternyata iya,” kata pria asal Sumatera itu.

Salah satu pengunjung tengah menjalani sesi foto di Pantai Bidadari. Foto: Yogi Eka Sahputra

Bahkan Arif tidak hanya melihat keindahan semata bahkan ia memutuskan untuk menginap semalam di pantai tersebut.

“Selain pantainya bersih, kata orang sunrise juga bagus disini, makanya kita menginap,” katanya.

Bagi pengunjung yang hendak berkemah harus menyediakan tenda dan bekal lainnya. Karena untuk mencari persediaan cukup jauh di pantai tersebut.

Pantai yang memiliki sejuta pesona ini sudah sepatutnya mendapatkan perhatian serius dari pihak terkait, terutama untuk akses menuju lokasi agar dapat menjadi salah satu tujuan menghabiskan akhir pekan masyarakat sekitar dan wisatawan.

Baca Juga
Lihat juga...