Pedagang Bawang Merah di Kudus Keluhkan Sepinya Pembeli

118
Bawang merah, ilustrasi -Dok: CDN
KUDUS – Transaksi penjualan bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengalami kelesuan, meskipun harga jualnya saat ini turun.
Menurut salah seorang pedagang bawang merah di Pasar Bitingan, Arif, harga jual bawang merah saat ini memang sangat murah, karena ada yang dijual dengan harga Rp8.000 hingga Rp9.000 per kilogram untuk ukuran kecil. Sementara bawang merah dengan ukuran besar, dijual untuk tingkat pedagang sebesar Rp11.000/kg.
Bulan Juni 2018, kata dia, harga jual bawang merah mencapai Rp15.000/kg untuk tingkat pedagang, kemudian bertahap mengalami penurunan. Namun, meskipun harga jualnya murah, transaksi penjualannya justru mengalami kelesuan.
Pasalnya, lanjut dia, banyak orang yang menjual bawang merah ke sejumlah pedagang di pasar-pasar tradisional dengan harga bersaing dengan pedagang besar.
“Akibatnya, permintaan di tempatnya juga menurun dibandingkan ketika harga jual bawang merah dalam kondisi normal,” ujarnya, tanpa mau menyebut persentase penurunannya.
Hal senada juga disampaikan pedagang sayur mayur di Pasar Kaliputu Kudus, Ani, yang mengakui sejak terjadinya penurunan harga bawang merah, justru pembelian komoditas tersebut menurun.
“Jika sebelumnya 10 kilogram bawang merah bisa habis dalam waktu sepekan, kini baru habis dalam jangka waktu lebih lama,” ujarnya.
Sebagian besar konsumennya justru mengurangi pembelian bawang merah, karena mereka merasa dengan uang Rp2.000, sudah bisa mendapatkan bawang merah dalam jumlah cukup untuk memenuhi kebutuhan memasak selama beberapa hari.
Meskipun harga kulakan cukup murah, dia mengaku, menjual secara eceran masih tinggi karena kualitas super mencapai Rp18.000/kg, sedangkan kualitas biasa dengan ukuran lebih kecil hanya Rp10.000-an.
Ia mengaku beruntung masih memiliki pelanggan yang memiliki rumah makan, sehingga setiap kali membeli bisa mencapai dua kilogram bawang merah.
“Saya lebih senang ketika harga jual bawang merah lebih stabil dengan harga berkisar Rp20.000-an, karena permintaan justru tinggi,” ujarnya.
Harga jual komoditas lainnya, cenderung stabil seperti bawang putih dijual Rp21.000/kg, telur ayam Rp20.000/kg, cabai rawit putih Rp15.000/kg, cabai setan Rp20.000/kg, cabai merah Rp24.000/kg, kentang Rp12.000/kg dan wortel Rp40.000/kg. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...