Pemilu 2019, Pemilih Perempuan di Morowali 43.723 Orang

141
Ilustrasi bendera Parpol peserta Pemilu 2019 - Foto Dokumen CDN

MOROWALI – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, menyatakan pemilih perempuan di daerah penghasil nikel terbesar di Indonesia itu, untuk pemilu 2019 mendatang berjumlah 43.723 tersebar di sembilan kecamatan.

“Iya, jumlah pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih telah ditetapkan, termasuk pemilih perempuan,” ucap Ketua KPU Morowali, Ervan, Sabtu.

Ervan mengemukakan, KPU Morowali telah menetapkan 92.107 pemilih untuk pemilu 2019 mendatang. Jumlah tersebut terdiri dari pemilih perempuan 43.723 dan laki-laki sebanyak 48.384.

Ia menyebut, KPU sampai saat ini terus melakukan sosialisasi kepemiluan kepada masyarakat di sembilan kecamatan.

Hal itu untuk memberikan pemahaman kepemiluan kepada masyarakat, agar masyarakat mengetahui hak dan kewajiban dalam pesta demokrasi.

Sosialisasi kepemiluan, kata dia, juga bertujuan untuk membangun kesadaran publik tentang pentingnya menyalurkan hak pilih.

“Upaya yang kita lakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu 2019 adalah memaksimalkan sosialisasi tentang pemilu kepada wajib pilih. Membangun kesadaran publik demi terciptanya hasil pemilu yang sah,” kata Ervan.

Dia mengemukakan, dengan adanya kesadaran publik diharapkan dapat berdampak pada peningkatan partisipasi pemilih pada pemilu 2019 mendatang. Untuk persentase partisipasi pemilih pada pilkada 2018 sebesar 83 persen.

“Mengacu pada hasil ini, tentunya kita berharap bahwa pada pemilu tahun 2019 partisipasi pemilih bisa meningkat,” ujar dia. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.