Pemkab Gorontalo Utara Diharap Salurkan Bibit Jahe

148
Jahe, ilustrasi -Dok: CDN

GORONTALO — Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Rahmat Lamaji, mendorong petani untuk menanam komoditas jahe yang memiliki peluang pasar nusantara.

“Harga jahe cukup baik, mencapai Rp28 ribu-Rp30 ribu per kilo gram,” ujar Rahmat, Sabtu (15/9/2018).

Bahkan harga tersebut sewaktu-waktu bisa naik hingga di kisaran Rp35 ribu-Rp40 ribu.

Cara tanamnya pun tergolong mudah dan daerah ini memiliki lahan pertanian produktif yang luas serta cocok untuk tanaman jahe.

Ia mengaku, pada agenda reses di wilayah Kecamatan Kwandang, sempat melakukan tatap muka dengan para petani, termasuk petani jahe.

“Mereka perlu diberi perhatian khusus, bahkan diharapkan pemerintah daerah memprogramkan penyaluran bantuan pertanian khusus pengadaan bibit jahe untuk mendorong produksi di daerah ini,” ujarnya.

Apalagi sesuai pengakuan petani, beberapa pengusaha produk pertanian pernah menawarkan peluang pasar untuk komoditas jahe dari daerah ini.

“DPRD berharap, pemerintah daerah mampu melihat peluang usaha untuk pengembangan komoditas jahe di daerah ini,” ujarnya.

Ia pun berharap, pemerintah daerah mampu bekerjasama dengan para pengusaha produk pertanian untuk membuka peluang pasar khusus komoditas jahe dari daerah itu.

“Saya optimistis, jika kita fokus memberikan pendampingan dan melakukan transfer teknologi pertanian untuk pembudidayaan komoditas jahe, maka produksinya tidak hanya mampu memenuhi pasar lokal namun permintaan pasar nusantara, termasuk menjawab tantangan dari negara-negara Arab,” ujarnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...