Dorong Tumbuh Atlet, Pemprov DKI Fasilitasi Olahraga Warga Ibu Kota

Editor: Satmoko Budi Santoso

135
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Festival Jakarta Sehat 2018, Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (9/9/2018). Foto: Ist/Humas Balaikota DKI

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI akan memfasilitasi kegiatan olahraga di Ibu Kota. Dikarenakan minat olahraga warga Jakarta sangat tinggi supaya siapa saja dapat berpotensi seperti atlet.

“Kita ingin fasilitas di semua wilayah Jakarta. Supaya siapa saja yang berpotensi kegiatan olahraga bisa tumbuh,” ujar Anies di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (9/9/2018).

Menurutnya, berkat Asian Games 2018 Jakarta mewarisi fasilitas-fasilitas olahraga kelas dunia, ada arena BMX, bisbol dan berkuda. Dengan fasilitas tersebut, Jakarta harus bisa menumbuhkan atlet kelas dunia.

“Kita mewarisi fasilitas-fasilitas olahraga luar biasa. Segala macam fasilitas kelas dunia sekarang ada di kota ini. Karena itu, kita harus menumbuhkan atlet-atlet Jakarta yang kelas dunia. Jangan sampai fasilitasnya kelas dunia, atletnya kelas lokal,” kata Anies.

Anies menuturkan, untuk bisa memunculkan atlet yang berprestasi kelas dunia harus ada kepastian dari Pemprov DKI akan ketersediaan fasilitas. Karena itu Pemprov DKI akan memastikan warga bisa menggunakan fasilitas-fasilitas peninggalan Asian Games.

“Karena itu kegiatan olahraga mari kita fasilitasi. Sekarang bagian kita, setelah selesai Asian Games kita menyadari betapa potensi berprestasi di bidang olahraga,” terang Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menambahkan, pihaknya cukup berbangga diri dengan torehan prestasi atlet DKI di ajang pesta olahraga terbesar di Benua Asia itu. Pasalnya, berdasarkan data yang ada dari 31 emas yang disabet Indonesia, 10 di antaranya disumbang dari atlet Jakarta.

“Atlet Jakarta sumbangan terbesar pada peraihan medali dari total dari dilihat jumlah medali 31 emas, sumbangan Jakarta 10 emas, 24 perak, DKI 11 perak,” jelasnya.

Anies menuturkan, para atlet DKI yang menyumbangkan medali untuk Indonesia telah melalui tahapan pembinaan yang baik.

“Ini menggambarkan bahwa atlet asal DKI dengan pembinaan yang baik, keseriusan berlatih maka atlet ini bisa berprestasi kelas dunia,” ucap Anies.

Lebih lanjut dia mengimbau kepada seluruh atlet yang berprestasi untuk tak terlalu jumawa dengan segala prestasi tersebut. Kata dia, terus berlatih agar nama Indonesia tetap harum di dalam ajang pesta olahraga empat tahunan tersebut.

“Mari tingkatkan tumbuhkan semangat olahraga seluruh komponen masyarakat,” ujarnya.

Anies menjelaskan saat pelaksanaan Asian Games lalu, para tamu yang datang tidak hanya mengapresiasi fasilitas pertandingan yang ada di Jakarta. Tetapi juga keramahan warga dalam menyambut tamu.

“Saya berinteraksi dengan tamu yang datang jadi bukan sekadar venue-nya. Tapi yang dikatakan adalah aset terbesar masyarakat yang menyambut, antusiasme, keramahan dan memberikan kesan positif,” jelasnya.

Lebih lanjut Anies menyampaikan terima kasih kepada warga yang sudah berpartisipasi. Menurut Anies, kegiatan ini untuk menjaga gaya hidup sehat masyarakat.

“Sehat itu didapat bukan dari menyembuhkan yang sakit, tapi menjaga yang sehat supaya tidak sakit,” beber Anies.

Diinformasikan, Festival Jakarta Sehat 2018 bertajuk Maju Kotanya, Sehat Warganya digelar di silang Monumen Nasional (Monas) sisi Timur dan Selatan, hari ini.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.