Pemprov DKI Lantik 721 Pejabat Baru,

Editor: Mahadeva WS

175

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta, melantik 721 kepala sekolah baru. Mereka  akan memimpin sekolah, mulai dari tingkat taman kanak-kanak, hingga Sekolah Menengah Umum (SMU) yang ada di DKI Jakarta.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta, Bowo Irianto mengatakan, pelantikan ini dalam rangka penyegaran penugasan, perpindahan dan pengisian kekosongan formasi Kepala Sekolah, Kepala TPA, dan Kepala PKBM Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Kondisi tersebut mengikuti proses alamiah seperti, pensiun, berhenti, dan atau meninggal dunia.

Para pejabat yang baru dilantik, diharapkan dapat mengimplementasikan lima standar kompetensi, sesuai Permendikna No.13/2007 Tentang Standar Kepala Sekolah. “Saya berharap agar saudara-saudara dapat mengimplementasikan kelima kompetensi tersebut, dengan penuh tanggung jawab, dalam menjalankan tugas sehari-hari,” ujar Bowo, Senin (10/9/2018).

Adapun kelima standar kompetensi tersebut adalah, kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi, dan kompetensi sosial. Selain itu, jabatan kepala sekolah dan kepala satuan pendidikan non formal, bukanlah tujuan utama yang harus dicapai oleh seorang guru atau pamong.

“Jadikanlah tugas yang baru ini menjadi sebuah amanah, agar dalam melaksanakan tugas sehari-hari dapat dilakukan dengan ikhlas dan tanggung jawab, sehingga akan diperoleh hasil pendidikan yang bermutu,” tambahnya.

Para pejabat baru yang dilantik itu, sudah mengikuti proses pengangkatan kepala sekolah, yang terdiri dari beberapa persyaratan dan tes. “Mereka telah mengikuti tahapan demi tahapan, hingga akhirnya ditetapkan dengan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan, dengan keputusan pelantikan ditandatangani oleh Sekretaris Dinas Pendidikan,” jelasnya.

Sebagai informasi, proses pengangkatan Kepala Sekolah dilaksanakan dengan mengacu kepada Permendiknas No.28/2010 tentang Tugas Tambahan Guru sebagai Kepala Sekolah, dan Pergub DKI Jakarta No.163/2010 tentang Pendelegasian Wewenang Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil.

Pada lampiran 17 disebutkan bahwa, Pengangkatan Guru yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah SMU, SMK, SMK, TK, SD, SLTP, SLB dan PLB Negeri, Pejabat yang diberi delegasi wewenang Menetapkan adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Petikan Sekretaris Dinas Pendidikan.

Bowo melantik 501 orang kepala sekolah yang mengalami rotasi, sedangkan 220 orang lainnya mendapat promosi. Adapun kepala sekolah yang dilantik berasal dari, Kepala TK Negeri 32 orang, Kepala SD Negeri 512 orang, Kepala SMP Negeri 92 orang, Kepala SMA Negeri 47 orang, Kepala SMK Negeri 17 orang, Kepala SLB Negeri  4 orang, Kepala TPA Negeri 2 orang dan Kepala PKBM Negeri 11 orang.

Sedangkan 220 orang pejabat terdiri dari, 220 orang pejabat yang mendapat promosi, Kepala TK Negeri 32 orang, Kepala SD Negeri 128 orang, Kepala SMP Negeri 36 orang, Kepala SMK Negeri 9 orang, Kepala SMA Negeri 3 orang, Kepala SLB Negeri 1 orang, Kepala TPA Negeri 2 orang dan Kepala PKBM Negeri 9 orang.

Baca Juga
Lihat juga...